Unggul 2-0 Atas Uruguay, Prancis Melaju ke Semifinal

Timnas Prancis melaju ke semi final setelah unggul 2-0 atas Uruguay (Foto: fifa.com)
Share:

NOVGOROD,ULTIMAGZ.com – Kemenangan dengan skor 2-0 atas Uruguay menjadi tiket bagi timnas Prancis untuk melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018. Pertandingan pertama pada laga 8 besar Piala Dunia 2018 ini berlangsung di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (06/07/18).

Prancis bermain cukup efektif pada laga ini. Tercatat timnas Prancis hanya melesatkan dua tendangan mengarah pada sasaran, namun keduanya berujung kepada gol.

Raphael Varane mengawali keunggulan tim asuhan Didier Deschamps setelah menyundul umpan bola mati dari Antoine Griezmann ke gawang Uruguay pada menit ke-40. Sundulan dari bek Real Madrid tersebut merupakan satu-satunya tembakan tepat sasaran “Les Bleus” sepanjang berjalannya babak pertama. Keunggulan 1-0 terus bertahan hingga turun minum.

Uruguay tampak lebih agresif pada pertandingan ini, terhitung Luis Suarez dan kawan-kawan melesatkan empat tendangan mengarah ke gawang, namun sayang tidak ada penyelesaian yang cukup baik sehingga urung menghasilkan gol. Namun, Prancis mampu mengimbangi lewat penguasaan bola yang lebih baik. 

Tanpa Edinson Cavani di lini depan, serangan Uruguay pun menjadi kurang “menggigit”. Hilangnya penyerang andalan Paris Saint Germain tersebut juga membuat Suarez menjadi satu-satunya tumpuan Uruguay saat menyerang. Tumpulnya daya gedor tim asuhan Oscar Tabarez membuat mereka kewalahan untuk membalas skema serangan balik yang diandalkan Paul Pogba dan kawan-kawan.

Alih-alih menyamakan kedudukan, petaka tambahan justru hadir bagi Uruguay. Blunder fatal penjaga gawang Fernando Muslera yang salah mengantisipasi tendangan jarak jauh Antoine Griezmann membuat Prancis menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-61.

Unggul dua gol membuat anak asuhan Didier Deschamps mencoba bermain aman dengan menguasai bola selama mungkin. Kedudukan 2-0 terus bertahan hingga wasit Nestor Pinata meniup peliut panjang tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan ini memastikan satu tempat di semifinal bagi Prancis yang akan menunggu pemenang laga antara Brasil dan Belgia.

 

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: fifa.com