United Pastikan Lolos ke Perempat Final Champion League

Edinson Cavani memberi selamat pada Romero Lukaku dan Marcus Rashford setelah timnya dikalahkan Manchester United. (Foto: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Manchester United dipastikan lolos ke babak perempat final Champion League setelah mengalahkan Paris Saint Germain (PSG) saat bertandang ke Stadion Parc De Princes, Paris, Prancis, Kamis (07/03/19). Brace Romero Lukaku dan Pinalti Marcus Rashford menjadi penentu kemenangan dal am pertandingan ini. United lolos dengan skor agregat 3-3 dengan keunggulan gol tandang.

United datang ke markas PSG dengan keadaan pincang akibat terdapat beberapa pemain yang dipastikan tidak dapat bermain, seperti Paul Pogba yang harus menerima hukuman karena kartu merah yang didapat pada pertandingan sebelumnya. Berbanding terbalik, PSG lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Hal itu dikarenakan mereka bermain di hadapan penggemar sendiri dengan skor 2-0 pada leg pertama.

Sejak menit pertama, United mulai mengatur serangan. Tak perlu menunggu waktu lama, serangan United berbuah manis. Romero Lukaku mampu mencetak gol cepatnya pada menit ke-2. Pemain asal Belgia tersebut mampu memotong umpan dari pemain PSG Kehrer dan langsung berlari cepat hingga mampu melesakkan bola ke gawang. United unggul 1-0.

Tertinggal sementara, PSG mulai banyak menyerang. Duet Juan Bernat dan Angel Di Maria terus menekan dari sayap kiri. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-12. Kylan Mbappe memberi umpan dari sisi kanan kotak pinalti yang mampu disambar dengan sepakan Bernat dan menghasilkan gol. Skor sementara imbang 1-1.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, PSG terus mendominasi permainan pada babak pertama. Peluang-peluang terus didapatkan oleh PSG, hanya saja tidak ada yang berakhir gol. United hanya sibuk menahan gempuran serangan dari PSG.

Meskipun kurang mendominasi dalam permainan, United mampu memanfaatkan peluang dengan lebih baik. Hal tersebut nampak pada brace yang dicetak Lukaku pada menit ke-30. Eks pemain Everton tersebut memanfaakan kesalahan Buffon yang gagal memblok tembakan dari Rashford. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Selepas kembali dari ruang ganti, PSG masih mendominasi permainan. PSG hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Di Maria mampu memanfaatkan umpan dari Mbappe untuk menaklukan gawang Buffon. Akan tetapi, wasit menilai pemain eks United tersebut berada dalam posisi off-side sehingga golnya dianulir.

Peluang-peluang terus didapatkan oleh kedua tim. Thomas Ttuchel dan Ole Gunnar Solksjaer bergantian menukar pemain dari kursi pelatih. Hal tersebut dilakukan guna menambah variasi penyerangan yang dilakukan oleh masing-masing tim.

Mimpi buruk bagi PSG terjadi pada menit ke-90. Bek PSG Presnel Kimbempe tampak melakukan handball ketika menahan bola dari tendangan Dalot yang berakhir hadiah pinalti bagi The Red Devils. Rashford yang menjadi eksekutor berhasil memaksa Buffon untuk mengambil bola dari gawang untuk ketiga kalinya. Skor 3-1 mampu membawa United lolos ke babak 8 besar Champion League menyusul Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspurs yang telah lolos pada hari sebelumnya.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Reuters