VAR Bantu Pecahkan Rekor Jumlah Penalti di Piala Dunia

Kapten Argentina, Lionel Messi gagal mengeksekusi hadiah penalti saat menghadapi Islandia. Penalti Messi mendapat bantuan dari Video Assistant Referee (VAR) (Sumber foto: Independent.co.uk)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Piala Dunia 2018 yang sedang berlangsung di Rusia sudah menciptakan beberapa kejutan bagi ribuan mata yang menyaksikannya. Salah satu sorotan utama dalam gelaran Piala Dunia kali ini adalah penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang turut memiliki andil dalam pecahnya rekor penalti terbanyak di kejuaraan yang digelar empat tahun sekali tersebut.

Rekor tendangan penalti pada Piala Dunia tahun ini telah mengalahkan rekor Piala Dunia 2002 dimana saat itu terjadi 18 tendangan penalti selama kompetisi tersebut berlangsung di Korea Selatan dan Jepang. Beberapa keputusan wasit untuk menunjuk titik merupakan hasil dari implementasi VAR yang pertama kali digunakan di kompetisi tingkat internasional ini.

Melalui 33 kamera yang tersebar di sekitar lapangan, wasit dapat melihat offside, handball, dan berbagai pelanggaran lain yang tidak terlihat langsung oleh mata, yang mana amat berguna untuk menunjang keadilan dan sportifitas dalam pertandingan.

Penggunaan VAR dalam menentukan penalti ini mulai digunakan sejak Prancis menghadapi Australia pada Sabtu (16/06/2018) silam. Wasit Andres Cunha menggunakan fasilitas VAR ini untuk melihat pelanggaran Josh Ridson terhadap Antoine Griezmann. 

Teknologi canggih ini juga turut ambil bagian dalam 21 tendangan penalti yang terjadi hingga pertandingan antara Meksiko dengan Swedia, Rabu (28/06/2018). Dari total 21 penalti yang terjadi dalam 32 pertandingan selama fase grup, enam di antaranya berasal dari keputusan wasit setelah melihat tayangan ulang VAR. 

Namun, hadiah penalti dari VAR ini tidak seluruhnya berujung pada gol. Christian Cueva (Peru), Lionel Messi (Argentina), dan Gylfi Sigurdson (Islandia) menjadi tiga pemain yang gagal mengeksekusi tendangan 12 pas tersebut. Rekor tendangan penalti pada Piala Dunia 2018 ini telah mengalahkan rekor Piala Dunia 2002 dimana saat itu terjadi 18 tendangan penalti selama kompetisi tersebut berlangsung di Korea Selatan dan Jepang.

Menjelang masuknya pertandingan dalam babak 16 besar, kinerja VAR tentunya akan semakin dibutuhkan untuk menciptakan pertandingan yang adil.

Daftar penalti di Piala Dunia 2018:

Sukses:

Cristiano Ronaldo / Portugal vs Spanyol
Antoine Griezmann / Prancis vs Australia (menggunakan VAR)
Mile Jedinak / Australia vs Prancis
Luka Modric / Kroasia vs Nigeria
Andreas Granqvist / Swedia vs Korea Selatan
Ferjani Sassi / Tunisia vs Inggris
Shinji Kagawa / Jepang vs Kolombia
Mohamed Salah / Mesir vs Rusia (menggunakan VAR)
Mile Jedinak / Australia vs Denmark (menggunakan VAR)
Eden Hazard / Belgia vs Tunisia (menggunakan VAR)
Carlos Vela / Meksiko vs Korea Selatan
Harry Kane / Inggris vs Panama
Harry Kane / Inggris vs Panama

Gagal:

Lionel Messi / Argentina vs Islandia
Christian Cueva / Peru vs Denmark (menggunakan VAR)
Gylfi Sigurdson / Islandia vs Nigeria (menggunakan VAR)

 

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Cnnindonesia.com, Bola.tempo.co, Goal.com

Foto: Independent.co.uk