Guardiola ke City, Bagaimana Nasib Pellegrini?

Share:

SUNDERLAND, ULTIMAGZ.com – Manchester City resmi menggaet Josep “Pep” Guardiola sebagai pengisi kursi pelatih mulai awal musim 2016/2017 mendatang. Dengan ini, nasib pelatih City saat ini, Manuel Pellegrini yang “terusir” akibat kedatangan Guardiola masih belum jelas.

Untuk musim depan, City memilih memakai jasa Guardiola yang saat ini masih menjabat sebagai pelatih Bayern Muenchen hingga akhir musim. Dengan keputusan tersebut, City secara tidak langsung tidak memberikan pilihan kepada Pellegrini selain meninggalkan klub dan melatih klub lain yang lebih memerlukan jasanya. Nama besar Guardiola dengan segudang prestasinya bersama Barcelona dan Muenchen dianggap mampu memberikan prestasi yang lebih baik bagi The Citizens untuk kedepannya dibanding Pellegrini.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh Pellegrini?

Bukan hal yang sulit bagi pria asal Cile tersebut mencari klub baru untuk dilatih. Reputasi dan pengalamannya melatih klub sekaliber City, Malaga, Real Madrid, hingga Villarreal dengan prestasi yang lumayan baik, seharusnya tak membuat dirinya khawatir akan menganggur musim depan.

Beberapa klub dapat dikatakan siap untuk menggunakan jasa Pellegrini, seperti Chelsea dan Manchester United. Kedua klub tersebut tengah mencari pelatih baru untuk memperbaiki performa mereka musim depan. Chelsea yang saat ini dilatih Guus Hiddink dipastikan akan tetap mencari pelatih baru awal musim depan, dan United yang makin tak nyaman dibawah kepelatihan Louis van Gaal juga siap mencari pengganti yang tepat untuk musim berikutnya.

Tak bisa dipungkiri, jika ingin melatih kedua raksasa Inggris tersebut, Pellegrini harus siap bersaing dengan kandidat kuat lainnya. Antonio Conte dan Jorge Sampaoli siap menyainginya merebut kursi pelatih di Chelsea, begitu pula dengan Jose Mourinho yang belakangan ini seringkali dikaitkan dengan Manchester United.

Jika memang Chelsea ataupun United bukan “jodoh” Pellegrini musim depan, opsi memungkinkan berikutnya adalah kembali ke Spanyol. Dua mantan klubnya, Villarreal ataupun Malaga bisa saja menariknya kembali sebagai pelatih musim depan.

Belum lagi Valencia yang kabarnya akan mencari pelatih baru musim depan, menyusul prestasi tak memuaskan dibawah asuhan Gary Neville. Atletico Madrid juga nampaknya siap berpisah dengan Diego Simeone yang terus diincar klub-klub besar.

Opsi dan kemungkinan terakhir yang tak kalah menjanjikan bagi Pellegrini adalah melatih tim nasional untuk Piala Dunia 2018. Negara kelahirannya Cile dikabarkan sangat membutuhkan jasanya menyusul pengunduran diri pelatih sebelumnya, Jorge Sampaoli.

Apapun langkah dan keputusan Pellegrini usai kedatangan Guardiola seharusnya tetap dalam kelas yang sesuai. Pasalnya, ia adalah pelatih dengan sejumlah prestasi di berbagai klub ternama seperti Real Madrid, River Plate, Villareal, dan Malaga. Nama Pellegrini dapat diperhitungkan sebagai salah satu dari banyak pelatih hebat di dunia.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: goal.com

Foto: John Marsh/Reuters