Tangani United, Bisakah Mou Sukses?

Share:

MANCHESTER, ULTIMAGZ.com – Jose Mourinho telah resmi terpilih menjadi pelatih Manchester United untuk musim depan, menggantikan Louis van Gaal yang dipecat akhir musim ini. Dengan nama besar dan segelintir prestasi yang pernah diraihnya bersama klub lain, sejumlah fans United tentunya memiliki harapan tersendiri terhadap dirinya.

United pernah berada pada masa kejayaannya ketika masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson, setidaknya selama dua dekade terakhir ini. Namun, setelah pensiunnya Ferguson pada akhir musim 2012/13, United mulai menjadi klub yang tak terlalu ditakuti akibat menurunnya prestasi di Liga Primer Inggris maupun di kancah Eropa.

Dua penerus Ferguson; David Moyes pada musim 2013/14, dan van Gaal pada 2014/15 serta 2015/16, dianggap gagal melanjutkan kejayaan United yang telah bertahun-tahun dibangun oleh Ferguson.

Bersama Moyes, prestasi United bisa dibilang sangat mengecewakan, dengan hanya menempati posisi ketujuh di klasemen akhir Liga Primer Inggris. Bahkan, United gagal berlaga di kancah Eropa di musim berikutnya. Mantan pelatih Everton tersebut pun akhirnya dipecat dari jabatannya sebelum musim berakhir.

Dilatih oleh van Gaal musim berikutnya, performa United bisa dibilang menunjukkan peningkatan dibanding era kepelatihan Moyes. Finis di empat besar Liga Primer Inggris pada akhir musim 2014/15, United dinilai sedang mengalami masa kebangkitan dan siap kembali berkompetisi di ajang Eropa musim berikutnya.

Akan tetapi, prestasi United pada musim 2015/16 justru menurun. Tak konsisten dan sering kehilangan poin yang tak perlu akibat kecolongan gol di menit akhir laga, United akhirnya finis di posisi kelima Liga Primer Inggris. Di ajang Liga Champions, mereka pun gagal lolos fase grup dan tak mampu melangkah jauh pula saat harus berlaga di Liga Europa.

Meskipun sukses menjuarai Piala FA di akhir musim 2015/16, kesabaran eksekutif United Ed Woodward terhadap van Gaal tetap habis. Woodward pun akhirnya memberhentikan pelatih asal Belanda tersebut dari jabatannya.

Mou, nama yang seringkali dikaitkan dengan United, bahkan sebelum pemecatan van Gaal, akhirnya ditunjuk menjadi pelatih United mulai musim 2016/17 mendatang. Hal tersebut sesuai dugaan dan harapan fans United.

Memiliki reputasi besar sebagai salah satu pelatih dengan segudang prestasi bersama Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid, Mou dianggap mampu mengembalikan kejayaan “Setan Merah”, seperti saat masih dilatih Ferguson.

Soal jam terbang melatih klub-klub Inggris, tak perlu lagi meragukan Mou. Ia sangat berpengalaman menghadapi kerasnya Liga Primer Inggris bersama Chelsea. Gaya melatihnya yang keras dan penuh kontroversi, berhasil membawa The Blues tiga kali menjuarai Liga Primer Inggris dan Piala Liga Inggris, serta satu kali Piala FA.

Bahkan secara kedekatan, Mou dianggap telah banyak berguru kepada Ferguson, yang kala itu masih melatih United. Menangani Chelsea sejak 2004, Mou telah berkali-kali berhadapan dengan United racikan Ferguson, dan dianggap telah sangat mengenal gaya permainan United di era keemasan Ferguson.

Dengan dipastikannya Mou menangani The Red Devils mulai musim depan, banyak pihak yang memprediksikan United akan kembali berjaya berkat kebijakan transfer dan strategi jitu Mou. Namun pertanyaannya, dapatkah Mou membawa United kembali sukses, ketika menangani United nanti?

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: Getty Images