Kisah Persahabatan 5 Dokter Berbalut Komedi dan Musik dalam “Hospital Playlist”

Poster kelima dokter karakter utama Hospital Playlist. (Ultimagz)
Poster kelima dokter karakter utama Hospital Playlist. (Foto: instagram.com/tvndrama.official)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Kesan dokter yang erat dengan seorang beruban dan serius seketika hilang setelah menonton drama asal Korea Selatan, “Hospital Playlist”. Ternyata kehidupan seorang dokter tidak sekadar praktik dan operasi saja. Persahabatan dapat terbentuk, canda tawa dapat tertukar, dan tentunya diiringi dengan musik yang terputar.

Drama yang mulai tayang sejak 12 Maret 2020 ini menceritakan tentang kehidupan dokter dan perawat di Rumah Sakit Yulje. Fokus utamanya tertuju pada lima orang dokter yang menjalin persahabatan selama dua puluh tahun. Keseharian mereka dipenuhi dengan berbagai peristiwa menarik yang terjadi di rumah sakit. 

“Hospital Playlist” digarap oleh sutradara beserta penulis naskah dari “Prison Playbook” dan seri “Reply”, yaitu Shin Won-ho dan Lee Woo-jung. Sukses dengan tema nostalgia pada seri “Reply” serta hubungan kemanusiaan antara tahanan penjara dan sipir pada “Prison Playbook”, duet sutradara Shin dan penulis Lee kali ini mengangkat tema tenaga medis. Drama medis ini kental dengan persahabatan layaknya seri “Reply”. Beberapa pelajaran hidup juga diselipkan melalui kisah para pasien.

Lima karakter utama, yaitu Lee Ik Jun (Jo Jung Suk) si jenaka, Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok) yang panjang sabar, Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) sebagai pilar emosi, Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho) yang ketus, dan si pendiam Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung) sama-sama dominan, tidak ada yang tertinggal atau terlupakan.  Persahabatan yang erat terlihat saat Song Hwa menerima hasil biopsi vonis penyakitnya dan kemudian satu per satu ‘membombardir’ kantor Song-hwa untuk menanyakan hasilnya. Saat duka menghampiri salah satu personelnya, keempat lainnya dengan sigap datang menghibur. 

Jalan cerita “Hospital Playlist” tidak membuat penonton ingin mengalihkan pandangan dari layar. Dibalut komedi, beberapa adegan dapat membuat Ultimates tertawa, seperti adegan tangan Ik Jun yang terluka karena menyentuh teko panas. Kemudian tangannya dibalut dengan perban tebal oleh Song Hwa. Peristiwa yang menyenangkan lainnya ialah saat Ik Jun menirukan suara pemberitahuan pemberhentian kereta dan adegan menggemaskan anak Ik Jun, U Ju. Tidak hanya menangis karena tertawa, Ultimates juga bisa meneteskan air mata lewat beberapa kisah pasien, salah satunya ketika Ik Jun harus operasi pengangkatan organ tubuh pasiennya yang mati otak untuk mendonorkan organ-organ lainnya. 

Tentunya terdapat kisah cinta dalam “Hospital Playlist”. Pasangan ‘winter garden’ Ahn Jeong Won dan Jang Gyeo Ul (Shin Hyun Bin), cinta pertama Ik Jun dan Song Hwa, dokter Chu Min Ha (Ahn Eun Jin) yang menyukai Seok Hyeong, serta Jun Wan yang diam-diam memacari adik Ik Jun. Alih-alih modus dan usaha berlebihan, para tokoh menunjukkan rasa kepedulian secara alami dan diam-diam. Penulis Lee Woo Jung memang terkenal tidak terburu-buru dalam menceritakan romansa, seperti dalam seri “Reply”.

Pembentukan grup musik kelima tokoh utama juga menjadi daya tarik drama ini. Seok Hyeong pada episode pertama mencetuskan untuk kembali melanjutkan band mereka selama kuliah. Hampir di setiap episode, kelima dokter ini pasti muncul memegang alat musik, alih-alih pisau bedah. Para aktor memainkan alat musiknya sendiri dan menyanyikan lagu-lagu lawas populer Korea Selatan, seperti Confession Is Not Flashy oleh Lee Seung Hwan dan Met You By Chance oleh Song Gol Mae. 

Alur cerita “Hospital Playlist” tersusun dengan rapi. Adegan kilas balik disajikan pada akhir episode dengan kualitas video yang lebih rendah sehingga penonton langsung menyadarinya. Hal ini tidak membuat penonton bingung ketika berpindah adegan masa lalu dan masa kini.

Hampir tidak ada yang kurang dalam drama ini. Tidak ada kisah cinta yang rumit antar persahabatan. Tidak ada tokoh antagonis yang menaikkan emosi. Tidak ada konflik yang berlebihan. “Hospital Playlist” konsisten bahkan melebihi ekspektasi penonton hingga episode terakhirnya.

 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: instagram.com/tvndrama.official