Sambut Natal, Disney Rilis Iklan dengan Kisah Budaya Filipina

Cuplikan dari video klip iklan “From Our Family To Yours”. (Foto: YouTube/Disney UK)
Cuplikan dari video klip iklan “From Our Family To Yours”. (Foto: YouTube/Disney UK)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Disney merilis iklan baru yang menyentuh dan sentimental tentang keluarga Filipina yang merayakan tradisi Natal lintas generasi pada Senin (09/11/20). Iklan berdurasi tiga menit berjudul “From Our Family To Yours” ini juga merupakan sarana untuk mendukung kegiatan amal bagi anak-anak dalam komunitas Make-A-Wish.

Iklan animasi tersebut dibuka dengan adegan seorang ayah yang pulang ke rumahnya di Filipina pada tahun 1940-an. Ia disambut oleh putrinya, Lola, yang saat itu masih kecil dan memberinya boneka Mickey Mouse. Enam puluh lima tahun kemudian, boneka Mickey Mouse tetap hadir untuk melambangkan masa kecil Lola (“nenek” dalam bahasa tagalog) dan hubungan dengan cucunya di masa kini yang pada akhirnya menginspirasi kejutan meriah di pagi Natal.

Akibat iklan tersebut, audiens Filipina banyak memberikan perhatian positif kepada Disney. Kantor Disney di Filipina pun mengkonfirmasi kepada ABS-CBN News bahwa iklan ini memang berpusat pada sebuah keluarga dengan warisan Filipina. Namun, secara tidak langsung karakter-karakter di iklan “From Our Family To Yours” mewakili keluarga dari seluruh dunia sesuai dengan upaya perusahaan hiburan ini untuk menyampaikan kisah-kisah otentik yang beragam secara budaya dari generasi ke generasi.

Salah satu faktor utama yang memungkinkan animasi pendek ini dapat menangkap nuansa tradisi Filipina adalah kisah nyata dari masa kecil Angela Affinita. Ia merupakan direktur pemasaran merek dan kreatif di bagian produk konsumen Disney.

Tumbuh bersama neneknya yang berasal dari Filipina, Angela mampu menggambarkan beberapa elemen cerita dari pengalamannya sendiri. Meski terinspirasi dari ceritanya, pesan dan kesan iklan “From Our Family To Yours” juga memiliki daya tarik yang universal.

“Kami tahu bahwa memiliki cerita yang menempatkan tradisi dan kebersamaan pada intinya akan membuatnya terasa relevan dan berhubungan dengan orang-orang di seluruh dunia,” jelas Angela sebagaimana dilansir dari thedrum.com.

Iklan yang ‘menghangatkan’ ini turut diiringi oleh vokal emotif artis asal Inggris berusia 19 tahun, yaitu Griff. Ia membawakan lagu berjudul Love Is A Compass yang merupakan single untuk kegiatan amal.

Lagu tersebut telah tersedia untuk dijual dan diunduh mulai 9 November 2020. Untuk setiap unduhan sebelum 31 Desember 2020, 100 persen hasil dari harga eceran akan didonasikan ke Make-A-Wish.

Selain itu, Disney mendorong penggemar untuk berbagi kenangan masa lalu dan masa kini yang meriah menggunakan tagar #LoveFromDisney di Facebook, Twitter, atau Instagram. Setiap kali penggemar membagikan memori khusus dalam media sosial, Disney akan mendonasikan $1 atau setara dengan Rp.14.000,00 untuk Make-A-Wish.

Iklan Natal Disney ini menandai kemitraan 40 tahun dengan Make-A-Wish. Penggemar Disney di seluruh dunia telah terpesona oleh cerita di iklan tersebut yang dapat beresonansi dengan hubungan keluarga.

 

Penulis: Alycia Catelyn

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: YouTube/Disney UK

Sumber: news.abs-cbn.com, thedrum.com, housebeautiful.coman