Facebook Kenalkan Fitur Tandingan Clubhouse

Fitur Live Audio Rooms milik Facebook yang akan dirilis musim panas depan. (foto: facebook.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Facebook resmi luncurkan serangkaian fitur audio yang akan dirilis pada musim panas ini. Salah satu fitur yang akan hadir adalah Live Audio Rooms yang digadang-gadang akan menandingi aplikasi Clubhouse.

“Kami berpikir bahwa audio tentu saja juga akan menjadi media kelas satu,” kata Mark Zuckerberg seperti dikutip dari BBC.

Sama halnya dengan Clubhouse, fitur tersebut memungkinkan orang untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam ruang percakapan langsung. Melalui aplikasi tersebut, pengguna akan dapat merekam percakapan dan mendistribusikannya. Tidak berhenti di situ, mereka juga bisa melakukan monetisasi dengan mengenakan biaya akses untuk satu kali dengar ataupun berlangganan.

Sebagai permulaan, fitur ini hanya akan didistribusikan kepada beberapa grup dan figur publik saja untuk diuji coba. Namun, nantinya fitur Live Audio Rooms akan diintegrasikan dengan Messenger sehingga bisa digunakan oleh seluruh pengguna.

Sebagai tambahan, Facebook juga merilis fitur Soundbites yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat dan membagikan klip audio pendek. Pengguna juga diperkenankan untuk mengenakan biaya akses untuk setiap konten yang mereka punya.

Fitur Soundbite yang akan dirilis bersamaan dengan Live Audio Rooms pada musim panas ini. (foto: Facebook)

Selain kedua fitur tersebut, Facebook menyatakan bahwa mereka akan berfokus pada pengembangan konten siniar (podcast) dalam platformnya. Nantinya, pengguna dapat mendengarkan siniar secara langsung dari aplikasi Facebook. Mereka mengatakan akan mulai merekomendasikan acara dan episode siniar berdasarkan minat setiap pengguna. 

Salah satu aksi nyata yang dilakukan Facebook untuk merealisasikan hal ini adalah menjalin kerja sama dengan Spotify. Para pengguna nantinya dimungkinan untuk mendengarkan musik dan siniar milik aplikasi alir musik tersebut tanpa harus meninggalkan Facebook. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan pengguna perlu menautkan kedua akun mereka di aplikasi tersebut.

“Ambisi kami selalu menjadikan Spotify ada di mana-mana, di seluruh platform dan perangkat. Menghadirkan musik dan sinar ke lebih banyak orang dan integrasi baru kami dengan Facebook adalah salah satu langkah dalam upaya ini. Kami menantikan kemitraan yang berkelanjutan dengan Facebook,” tulis Spotify seperti dilansir dari theverge.com.

Penulis: Jairel Danet Polii

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: facebook.com

Sumber: bbc.com, theverge.com, facebook.com