Hari Buruh: Mengenal Empat Tokoh Pejuang Hak Buruh Indonesia

tokoh buruh
(kiri ke kanan)Muchtar Pakpahan, Marsinah, Agus Sudono, dan Wiji Thukul, pejuang hak-hak buruh yang telah berjasa pada kesejahteraan buruh Indonesia. (Foto: ULTIMAGZ/Reynaldy Michael Yacob)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tanggal 1 Mei telah dikenal sebagai hari buruh Internasional yang turut dirayakan di Indonesia. Sejarah perjuangan buruh di dunia memang sangat panjang. Namun, di Indonesia, kaum buruh memiliki riwayatnya sendiri.

Perjuangan telah dimulai bahkan sejak Indonesia belum merdeka. Dari masa kependudukan Jepang, awal kemerdekaan, era Orde Baru, krisis moneter 1998, hingga pandemi Covid-19, semuanya memiliki kisahnya sendiri untuk perjuangan buruh di negara ini.

Baca juga: Sejarah Tanggal 1 Mei yang Bergeser dari Perayaan Musim ke Hari Buruh

Dari sekian banyak buruh yang berjuang menuntut haknya, terdapat beberapa tokoh yang dikenal karena jasa-jasanya sebagai penggerak dalam menyuarakan aspirasi mereka. Dalam rangka memperingati hari buruh internasional, berikut ULTIMAGZ telah merangkum beberapa tokoh buruh Indonesia paling berpengaruh sepanjang sejarah.

Muchtar Pakpahan

Muchtar Pakpahan adalah tokoh buruh Indonesia pertama yang berani mendirikan organisasi buruh secara independen pada masa Orde Baru. Beliau dikenal sebagai penggerak kaum buruh dalam menuntut hak mereka di tengah kepemimpinan otoriter pada masa itu.

Semasa perjuangannya, Muchtar telah beberapa kali dipenjara akibat tindakannya yang dianggap sebagai gerakan membangkang pada pemerintah. Walau begitu, Muchtar tidak pernah menyerah dalam perjuangannya memberikan kesejahteraan yang layak untuk kaum buruh Indonesia.

Agus Sudono

Agus Sudono merupakan tokoh buruh yang terkenal sebagai pejuang lintas zaman karena telah membela hak-hak buruh sejak era Orde Lama, Orde Baru, hingga era Reformasi. Semasa perjuangannya, Agus Sudono pernah menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI) dan menjadi anggota Badan Eksekutif Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organisation).

Kisah hidup dan pertempurannya melawan ketidakadilan telah dirangkung dalam buku “30 Tahun Pengabdian Agus Sudono Pada Gerakan Buruh” yang terus menginspirasi generasi-generasi pejuang buruh Indonesia.

Marsinah

Marsinah adalah ikon perjuangan kaum buruh yang nama dan wajahnya masih sering dilihat pada demo-demo hari buruh hingga saat ini. Marsinah adalah seorang aktivis buruh pabrik yang dengan lantang meneriakan aspirasinya di era Orde Baru. Ia menyebarkan propaganda yang akhirnya mengakibatkan gelombang protes masif pada pemerintah.

Sayangnya, semangat Marsinah harus padam akibat tindakan penguasa yang semena-mena pada masa itu. Karena tindakannya, Marsinah diculik, disiksa, dan dibunuh oleh sosok yang masih misterius hingga sekarang. Yang dapat diketahui hanyalah jenazah Marsinah ditemukan pada 8 Mei 1993 di tengah hutan, desa Wilangan, Jawa Timur dengan luka-luka penyiksaan berat.

Wiji Thukul

Hampir sama dengan Marsinah, Wiji Thukul juga hingga saat ini masih terus dikenang karena perjuangannya yang berakibat buruk pada nasibnya. Aktivis ini memperjuangkan hak-hak buruh walaupun ia sendiri bukanlah salah satu dari mereka. Ia berjuang dengan propaganda melalui karya-karya sastranya yangt membangkitkan semangat massa.

Sayangnya, perjuangannya juga harus berakhir setelah Wiji dinyatakan hilang pada 27 Juli 1998, di usianya yang ke-34 tahun. Hingga saat ini tidak ada yang tahu dimana ia berada dan apa yang terjadi padanya.

Infografik tokoh buruh indonesia
Infografik tokoh-tokoh pejuang hak buruh di Indonesia. (Foto: ULTIMAGZ/Reynaldy Michael Yacob)

Itulah tadi beberapa tokoh perjuangan hak-hak buruh Indonesia yang jasa-jasanya telah mensejahterakan kaum buruh Indonesia. Walaupun mereka telah tiada, semangat mereka masih terus hidup dalam perjuangan bangsa demi nasib buruh yang lebih baik.

Penulis: Reynaldy Michael Yacob

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: Reynaldy Michael Yacob

Infografik: Reynaldy Michael Yacob

Sumber: koranperdjoeangan.com, cnnindonesia.com, nasional.okezone.com, style.tribunnews.com