Indonesia Emas 2045: Visi Indonesia Untuk Generasi Penerus Bangsa

Sampul Indonesia Emas 2045
Indonesia Emas 2045 sebagai visi baru negara untuk para generasi penerus bangsa. (Foto: bappenas.go.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Indonesia Emas 2045 merupakan gagasan yang sedang gencar disuarakan oleh pemerintah Indonesia dan Presiden Joko Widodo. Namun, apa itu Indonesia Emas 2045?

2045 akan menjadi sebuah momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Pada tahun tersebut, Indonesia akan genap merdeka selama 100 tahun. Bertepatan pada lingkup waktu tersebut, Indonesia diprediksi akan memperoleh bonus demografi berupa 70% dari penduduknya berada di usia produktif, yaitu usia 15 hingga 64 tahun. Jumlah ini dinilai akan memiliki peran besar dalam pembangunan negara. Jumlah usia produktif yang tinggi akan sangat menguntungkan jika kinerja yang diberikan optimal.

Namun, jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan dengan baik, maka akan membawa dampak buruk pada negara.  Seperti sangat mungkinnya muncul masalah sosial seperti kemiskinan, kriminalitas, pengangguran, dan tingkat kesehatan yang rendah.

Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan penduduk usia produktif pada tahun 2045 nanti, Presiden bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia telah membangun rencana pembangunan dari sekarang. Rancangan pembangunan ini dirangkum dalam sebuah visi baru bangsa, yaitu Indonesia Emas 2045 dengan jargon “Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur”.

Generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa yang akan menjadi penerus bangsa harus mulai bersiap-siap menghadapi tantangan besar di masa depan. Tantangan ini telah dirangkum oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai Megatren Dunia 2045 yang meliputi sepuluh poin, mulai dari demografi global, ekonomi, teknologi, hingga perubahan iklim. Kesepuluh poin dalam Megatren Dunia 2045, dapat Ultimates lihat pada infografis berikut:

Megatren Dunia 2045
Sepuluh poin Megatren Dunia 2045 yang akan menjadi tantangan bagi generasi penerus bangsa. (Infografis: bappenas.go.id)

Agar mampu beradaptasi pada sepuluh perubahan besar tersebut, visi Indonesia Emas 2045 telah mempersiapkan empat pilar pembangunan, yaitu “Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”, “Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan”, “Pemerataan Pembangunan”, dan “Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan”. Masing-masing pilar memiliki poin-poin yang merupakan fokus target pembangunan. Detail selengkapnya dapat dilihat pada infografisberikut:

Pilar Pembangunan Indonesia 2045
Empat pilar pembangunan Indonesia 2045 yang merupakan target dari Indonesia Emas 2045. (Infografik: bappenas.go.id)

Untuk dapat mewujudkan seluruh cita-cita ini, negara bersama dengan anak-anak muda Indonesia perlu saling mendukung satu sama lain. Jika proses kerjasama ini dapat dilakukan dengan baik, maka Indonesia akan memiliki generasi unggul yang mampu meraih kesuksesan visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), generasi unggul ini memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

  • Sehat/menyehatkan dalam interaksi alamnya.
  • Memiliki Kecerdasan yang komperhensif.
  • Damai dalam interaksi sosialnya.
  • Produktif dan inovatif.
  • Berkarakter yang kuat.
  • Berperadaban Unggul.

Melihat karakteristik tersebut, apakah Ultimates sudah memiliki kepribadian unggul sebagai penerus bangsa yang siap menghadapi Megatren Dunia 2045? Jika belum, mari persiapkan diri kita sedini dan sebaik mungkin demi mewujudkan Indonesia maju melalui Indonesia Emas 2045!

 

Penulis: Reynaldy Michael Yacob

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: bappenas.go.id

Infografis: bappenas.go.id

Sumber: bappenas.go.id, kemenkopmk.go.id, indonesiabaik.id