Mengenal Telobag, Alternatif Plastik Dari Singkong

Foto Telobag, kantong plastik singkong (Foto : Teknologi.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Saat ini, penggunaan kantong plastik kian menimbulkan permasalahan lingkungan yang mengkhawatirkan. Hal tersebut disebabkan penguraian plastik yang sangat lama, membuat penumpukan sampah dan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi polemik tersebut, sekarang semakin banyak alternatif kantong plastik yang ditawarkan untuk masyarakat. Salah satunya adalah Telobag dari Indonesia.

Telobag adalah inovasi plastik yang terbuat dari singkong. Bahan dasar umbi ini menjadikan Telobag jauh lebih ramah lingkungan dibanding plastik biasa.

Kantong nabati tersebut merupakan produk asal Indonesia. Nama Telo pun diambil dari bahasa Jawa ‘ketela pohon’ yang seringkali disebut singkong.

Dilansir dari indozone.com, Telobag dibuat dengan 100% bahan dasar alami dengan menggunakan campuran dari tepung singkong dan turunan minyak nabati. Plastik ini juga dikabarkan memiliki kandungan fleksibilitas yang sama dengan plastik pada umumnya sehingga tidak mudah sobek.

Perbedaan terbesar antara plastik dan Telobag terdapat pada penguraiannya. Telobag hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 6 bulan hingga terurai. Waktu tersebut cukup singkat dibandingkan dengan plastik biasa yang membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk sepenuhnya terurai. Manfaat ini mengurangi efek negatif terhadap lingkungan dan memudahkan proses daur ulang.

Selain itu, jika Telobag dibakar atau dilarutkan dalam air panas, pembakaran abu tidak menimbulkan gas berbahaya dan tidak akan leleh jika disetrika. Bahan dasarnya juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan mikroplastik. Berbeda dengan plastik konvensional yang mengandung polythelyne yang dapat mengontaminasi tanah, air, dan juga udara jika dibakar.

Telobag kini hadir dengan 3 pilihan produk yaitu Telo Pon Oval, plastik multifungsi, Telo T-Shirt Bag untuk pengemasan baju, dan Telo Pet Wasted Bag untuk membuang kotoran hewan peliharaan. Ketiga produk ini dapat dibeli dari website resmi TeloBag yaitu Telobag.com dan gerainya di Summarecon, Tangerang.

Inovasi ini adalah peluang besar dan juga solusi untuk menyikapi isu plastik di Indonesia, terutama melihat peringkat Indonesia sebagai negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia.

Selain memasarkan produknya, Telobag juga ingin menjadi duta perubahan sekaligus mengajak masyarakat untuk semakin peka terhadap isu lingkungan. Dengan memberikan alternatif kantong plastik, perusahaan tersebut berharap masyarakat Indonesia akan sepenuhnya diet kantong plastik.

 

Penulis : Arienne Clerissa

Editor : Andi Annisa Ivana Putri

Sumber : Indozone, Telobag, CNN Indonesia

Foto : Teknologi.id