PIJAR 2021 Bangun Perpustakaan Mini Untuk Tingkatkan Literasi Anak Muda

Pijar 2021
Program Corporate Social Responsibility (CSR) PIJAR 2021 meluncurkan dengan membuat perpustakaan mini di Yayasan Panti Asuhan dan Dhuafa Maktabul Aitam pada Sabtu (24/04/21). (Ultimagz/Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Melihat posisi Indonesia yang berada di urutan kedua dari bawah perihal tingkat literasi dunia, Program Corporate Social Responsibility (CSR) PIJAR 2021 meluncurkan acara untuk meningkatkan literasi anak muda di Indonesia. Salah satu program yang digagas oleh PIJAR adalah pembuatan perpustakaan mini di Yayasan Panti Asuhan dan Dhuafa Maktabul Aitam pada Sabtu (24/04/21).

Alih-alih membangun perpustakaan di sekolah, PIJAR memilih merancang sebuah pojok baca di panti asuhan. Hal ini karena PIJAR merasa masih banyak orang yang belum sadar bahwa panti asuhan juga mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19. 

“Melihat kondisi ini, kami mikir akan sangat bagus untuk membuat perpustakaan mini. Pertama, mereka (anak-anak panti) bisa punya lebih banyak kegiatan dengan baca buku, tingkat literasi meningkat. Mereka jadi gak kebingungan harus apa,” ujar Enric Feego selaku wakil ketua PIJAR 2021.

Ada pun buku yang didonasikan berjumlah lebih dari 140 buku bacaan, 150 buku tulis, 20 buku gambar, ATK, serta rak buku. Selain itu, PIJAR juga mendonasikan perlengkapan medis seperti sabun cuci tangan, hand sanitizer, masker medis dewasa, dan medis anak-anak. Tidak hanya itu, sisa dana yang telah dikumpulkan juga akan dialokasikan untuk pembelian sembako seperti beras, minyak, gula pasir, garam, dan mie instan.

Untuk mengumpulkan dana, PIJAR juga membuka donasi melalui platform kitabisa.com hingga mencapai nominal Rp2.697.000.

Sebelumnya, PIJAR telah melangsungkan rangkaian acara lainnya yaitu webinar bertajuk “Memperkenalkan Pentingnya Literasi di Dunia Perkuliahan” pada Sabtu (03/04/21). Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 60 pelajar Sekolah Menengah Atas yang ada di kota-kota besar di Indonesia.

Baca juga: Pijar 2021: Kembangkan Diri dengan Literasi

Dengan dilaksanakannya program ini, PIJAR berharap kebutuhan iterasi dan pokok dari Yayasan Panti Asuhan dan Dhuafa Maktabul Aitam dapat terpenuhi.

Penulis: Andi Annisa Ivana Putri

Editor: Xena Olivia

Fotografer: M. Frizki Alfian