Merajut Asa YKAKI, MADITA 2021 Hadirkan Pertunjukan Boneka Virtual

"Madita 2021 sukses menghibur anak-anak dari YKAI dengan menampilkan pertunjukan boneka melalui Zoom Meeting pada Jumat (30/04/2021). (Ultimagz/Dava Ferdiansyah)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Merajut Asa dalam Cerita (MADITA) 2021 hadirkan  pertunjukan boneka virtual untuk anak-anak Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) sebagai puncak dari rangkaian acara pada Jumat (30/04/2021). Digelar melalui Zoom, cerita pertunjukan boneka MADITA memberikan harapan dan semangat kepada anak-anak YKAKI yang terkurung di dalam rumah akibat pandemi.

“Kita sangat bangga dan senang bahwa kakak-kakak peduli untuk menghibur anak-anak YKAKI yang memang, jujur, sangat haus akan hiburan. Karena selama ini terkungkung tidak boleh keluar, tidak boleh menemui orang,” ucap Ira Soelistyo selaku ketua YKAKI pada sesi kata sambutan acara puncak MADITA 2021.

Dengan memperhatikan protokol kesehatan, anak-anak YKAKI dari berbagai cabang di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Riau, Manado, Semarang, Bandung, dan Surabaya menikmati acara pertunjukan boneka MADITA 2021 yang bertajuk Bona Si Gajah yang Pantang Menyerah.

Cerita yang dibuat oleh MADITA mengangkat dongeng fabel tentang seekor gajah bernama Bona yang senang menyanyi. Namun, Bona tidak percaya diri untuk menunjukkan bakatnya. Maka dari itu, Bona ingin terbang di langit seperti burung agar ia bisa menyanyi dengan bebas.

Sayangnya, di tengah usahanya untuk terbang, Bona diolok-olok binatang lain. Sampai akhirnya, ia bertemu seekor koala yang baik. Koala tersebut menyadarkan kelebihan Bona sebagai seekor gajah dan mengajaknya berani menampilkan keterampilannya dalam menyanyi. Alhasil, hutan pun menjadi meriah dari nyanyian Aku Bisa yang dilantunkan Bona. Nuansa riang dari cerita Bona diikuti oleh panita MADITA. Bersama-sama, panitia mengajak anak-anak YKAKI untuk menyanyi dan menarikan lagu yang sama.

Melalui cerita Bona Si Gajah yang Pantang Menyerah, MADITA 2021 mengajak anak-anak YKAKI untuk dapat menerima kekurangan dan mengembangkan kelebihan yang ada pada diri sendri. MADITA juga berharap bahwa pertunjukan boneka virtualnya dapat menghibur dan memberi semangat pada anak YKAKI.

 “Kami sebenarnya ingin menunjukkan kalau perjuangan untuk menerima kekurangan diri sendiri dan mengubahnya menjadi suatu kelebihan itu merupakan proses yang panjang. Namun, itu adalah hal yang wajar,” jawab ketua pelaksana MADITA 2021, Anastasia Putri Pearlyn kepada ULTIMAGZ dalam konferensi pers setelah acara.

Merajut Asa dalam Cerita (MADITA) sendiri merupakan program sosial yang dirangkai dan dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswa di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Dengan tagline “Kita Bisa, Kita Luar Biasa”, MADITA adalah akronim yang bermakna sebagai proses atau usaha untuk memberikan harapan melalui rangkaian cerita mengenai suatu peristiwa. Harapan tersebut  diberi MADITA lewat pertunjukan boneka dan kampanye donasi Arti Satu Aksi (ASA) untuk YKAKI yang berhasil mencapai lebih dari 1000 partisipan dengan total donasi sejumlah Rp26.863.067,00. Seluruh donasi yang didapat MADITA diberikan dalam bentuk uang tunai, buku, dan makanan untuk YKAKI.

 

Penulis: Vellanda

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Dava Ferdiansyah