Reboisasi Indonesia dengan Donasi Hingga Kerja Sukarela

Ilustrasi foto tanaman
Ilustrasi foto tanaman yang tumbuh dirawat dengan baik (ULTIMAGZ/Charles Putra)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Layaknya sumber alam lainnya, hutan memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Hutan tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru dunia, tetapi juga habitat berbagai flora dan fauna, menjaga kesuburan tanah, sumber ekonomi, wisata, dan lainnya.

Kendati demikian, masih banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dalam penggunaannya. Angka deforestasi meroket karena penebangan dan kebakaran hutan. Bahkan, masalah ini sudah mendunia. Jika terus terjadi, bumi akan mengalami masalah besar. 

Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) akhirnya mengambil langkah untuk mengatasi hal ini. Organisasi dunia ini mengajak berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk melangsungkan sustainable development goals (SDG), 17 target yang diharapkan dapat menjadikan dunia lebih baik pada tahun 2030.

Menjaga hutan dan ekosistem darat menjadi salah satu di antaranya. Indonesia memegang peranan penting dalam target ini, mengingat banyaknya lahan hutan dan  satwa liar yang beragam. 

Sejak awal 2000, Indonesia berhasil mempertahankan angka deforestasi di bawah 1 juta hektar tiap tahunnya. Namun, angka ini sempat melonjak kembali pada 2014-2015 sebesar 1,09 juta hektar, meningkat 172,5% dari tahun sebelumnya.

Angka Deforestasi Indonesia
Grafik angka deforestasi Indonesia berdasarkan data FWI dan KLHK.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membawa angin segar di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, terjadi penurunan deforestasi hingga 75% pada tahun 2020. Kini, lahan berhutan memenuhi setengah daratan Indonesia. Hanya saja, menahan angka deforestasi sendiri tidak cukup untuk menjaga kelestarian alam.

Reboisasi dan langkah-langkah lainnya perlu dilakukan agar hutan dapat terrestorasi seperti sedia kala. Tindakan kecil seperti menghemat penggunaan kertas, tisu, atau bahan bakar minyak (BBM) sudah dapat mencegah terjadinya deforestasi.

Ultimates yang tidak memiliki waktu untuk melakukan reboisasi tidak perlu khawatir. Kini sudah banyak organisasi yang mengolah dan membantu masyarakat untuk melakukan reboisasi, Ultimates hanya perlu berdonasi seharga bibit pohon yang akan ditanam. Dengan begitu, secara tidak langsung Ultimates juga sudah membantu reboisasi Indonesia.

Lindungi Hutan menjadi salah satu organisasi yang menerapkan ini. Melalui situsnya, Ultimates dapat berdonasi melalui kampanye-kampanye yang dilakukan oleh Lindungi Hutan maupun pihak lainnya. Ultimates juga bisa membuka kampanye sendiri.

Proses membuka kampanye mudah dilakukan, Ultimates hanya perlu membuat akun, memilih daerah penanaman pohon, dan mengisi deskripsi singkat. Salah satu yang memanfaatkan kampanye ini adalah penggemar aktor Angga Yunanda. Akun fanbase @mirae161 dan @anggastan bersama-sama membuka kampanye dalam rangka merayakan ulang tahun Angga yang ke-21. Menurutnya, merayakan dengan memberi untuk alam lebih bermanfaat.

“Kalau kita bicara tentang alam, tentang pohon, itukan sebenarnya demi kemajuan kita juga, demi masa depan kita juga. Alhamdulillah-nya kita juga bisa menyumbang, mendonasikan sedikit rezeki kita untuk masa depan kita juga,” ujar pengurus akun fanbase @mirae161 saat dihubungi ULTIMAGZ, Jumat (21/05/21).

Bila ingin berkontribusi langsung, Ultimates juga dapat menjadi relawan. Remaja berusia 17 tahun Ilham sudah menjadi relawan Lindung Hutan cabang Landak, Kalimantan Barat selama dua tahun terakhir.

Ilham mengaku tujuan awalnya menjadi relawan adalah memperluas pergaulan, tetapi seiring waktu ia juga belajar banyak mengenai alam dan hutan, “hutan gak perlu kita, kita perlu hutan,” katanya.

Kepada ULTIMAGZ, Ilham bercerita bahwa dirinya sudah menanam ribuan pohon. Setiap kegiatannya, akan disiapkan 2000 benih pohon. Setengahnya akan ditanamkan, sedangkan setengahnya lagi akan disimpan untuk proses pemantauan.

Hal ini dibenarkan oleh Koordinator Relawan Lindungi Hutan cabang Landak Oktavianus Yanto. Pemantauan akan dilakukan setiap tiga bulan sekali selama satu tahun kedepan. Jenis pohon yang ditanam juga beragam, mulai dari pohon penghasil kayu hingga yang berbuah.

“Yang sudah kami tanam saat ini kurang lebih 20 ribu pohon di beberapa kabupaten Landak,” ujar Yanto saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (22/05/21).

Dalam setahun, Yanto dan Ilham melakukan penanaman sebanyak sembilan kali. Empat di antaranya dilakukan serentak dengan cabang Lindungi Hutan lainnya. Setiap kegiatannya pun didata dengan baik, sehingga setiap donatur Lindungi Hutan dapat mengetahui kemajuan reboisasi yang mereka lakukan.

Bagi Ultimates yang ingin berkontribusi langsung dalam kegiatan cinta alam, ULTIMAGZ merangkum beberapa organisasi yang menyediakan kesempatan untuk masyarakat bergabung sebagai anggota ataupun relawan. Beberapa di antaranya. 

1. Lindungi Hutan

Lindungi Hutan berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Namun, Lindungi Hutan juga memiliki cabang di berbagai daerah Indonesia, seperti Ilham yang bergabung sebagai relawan di Kalimantan Barat.

2. Teens Go Green

Organisasi yang satu ini lebih berfokus pada ajakan cinta alam, targetnya juga didominasi anak muda. Harapannya aksi cinta alam yang dilakukan oleh anak muda saat ini dapat membawa Indonesia pada periode emas dalam 20-30 tahun mendatang.

3. Greenpeace

Greenpeace adalah organisasi berskala internasional yang memiliki cabang di 41 negara, salah satunya adalah Indonesia. Greenpeace lebih berfokus pada kampanye perlindungan lingkungan secara keseluruhan, mulai dari sampah, laut, hingga hutan.

4. Hutan Itu Indonesia

Berdiri sejak 2016, Hutan Itu Indonesia tidak hanya berfokus pada kampanye mengenai hutan, lho, Ultimates. Organisasi yang satu ini juga memberikan informasi, kelas, webinar, dan acara-acara lainnya yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ultimates yang ingin turut memajukan pendidikan anak Indonesia mengenai hutan dapat menjadi relawan di Hutan Itu Indonesia.

5. Treehome Indonesia

Sama seperti Hutan Itu Indonesia, Treehome Indonesia juga menyediakan berbagai informasi, kelas, dan webinar yang dapat berguna dalam kehidupan Ultimates. Namun, relawan yang dicari organisasi ini adalah relawan sebagai anggota pengurus di daerah cabang Treehome Indonesia.

 

Penulis: Thefanny

Editor: Andi Annisa Ivana Putri, Maria Helen Oktavia, Xena Olivia

Foto: Charles Putra

Sumber: menlhk.go.id, bps.go.id, fwi.or.id, lindungihutan.com