Tidak Biasa, Ini Rekomendasi Novel Bertemakan Kencan Daring

Foto buku digital "Tweet Cute" (Foto : queriaestarlendo.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita, bahkan telah masuk ke ranah perkencanan. Munculnya media sosial dan kencan daring semakin membuka banyak kisah romansa yang berawal dari pertukaran pesan virtual.

Modernisasi tersebut berhasil menginspirasi begitu banyak penulis novel romansa. Latar belakang yang segar dan baru menjadi sebuah kisah yang unik dan menarik bagi para pembaca.

Berikut adalah rekomendasi novel romansa yang berlatar belakang kencan daring. Dari percakapan anonimus hingga pertengkaran media sosial, buku-buku ini akan membuktikan Ultimates bahwa kisah cinta dapat dimulai dari mana saja.

  1. Tweet Cute
Cover novel “Tweet Cute” (Foto : Books.apple.com)

Jika kamu menyukai fenomena viral, buku ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu! “Tweet Cute” adalah novel yang dirilis pada 2020. Novel karya Emma Lord ini sudah berhasil mendapat empat bintang di Goodreads dan menjadi New York Times Bestseller.

Melansir Goodreads, novel ini mengkisahkan kedua karakter utama yaitu Pepper dan Jack. Pepper adalah seorang admin dari Twitter Big League Burger, sedangkan Jack adalah penerus bisnis restoran orang tuanya.

Kedua remaja ini terpaksa berinteraksi dengan satu sama lain saat Jack menuduh Big League Burger mencuri resep sandwich ikonik neneknya. Bertekad menjatuhkan bisnis Big League Burger, ia membuat akun Twitter untuk menyerang restoran tersebut.

Namun, tidak disangka pertengkaran Pepper dan Jack malah menjadi pertengkaran Twitter yang viral. Saat pertarungan daring mereka memanas, Pepper dan Jack malah terjebak hubungan yang semakin dalam. Kisah cinta ini tidak terduga, canggung, dan juga lucu.

“Tweet Cute” membawakan latar yang menarik dan berbeda dengan buku romansa biasa. Kisah kencan daring ini juga tidak membosakan karena Emma berhasil menyertakan kultur internet yang akurat dengan lelucon terkini dan meme.

  1. Alex Approximately
Cover novel “Alex, Approximately” (Foto : Books.apple.com)

Buku kedua ini membahas kencan daring yang dimulai dari perbincangan anonimus. Buku “Alex Approximately” dideskripsikan sebagai sentuhan modern dari film klasik “You’ve Got Mail”.

Kisahnya dimulai dari Bailey Rydell, seorang remaja yang meluangkan waktunya berbincang dengan seorang pecandu film bernama Alex.

Hubungan mereka berjarak jauh, hingga suatu saat, Bailey terpaksa untuk tinggal bersama ayahnya di California, kota dimana Alex tinggal. Namun, Bailey tidak memberi tahu Alex bahwa ia pindah ke kampung halaman kawannya ini karena ragu.

Kehidupan Bailey pun berubah di California. Ia  mendapatkan pekerjaan di museum turis lokal dan bertemu dengan penjaga keamanan museum, Porter Roth. Seiring berlalunya musim panas, Bailey harus memilih apakah akan berpegang teguh pada fantasi online si Alex atau menjalin hubungan riil dengan Porter. Namun, pilihan ini ternyata semakin rumit dikarenakan Porter Roth juga menyembunyikan rahasianya sendiri.

Alex Approximately merupakan novel yang ringan dan menggemaskan. Terlebih dari itu, alur kisahnya menarik dan juga berhasil membuat penasaran.

  1. Emergency Contact
Cover novel “Emergency Contact” (Foto : Books.apple.com)

Buku “Emergency Contact” mengisahkan hubungan yang bersemi lewat perbincangan daring. Buku karya Mary H.K. Choi ini cocok untuk Ultimates yang pemalu dan lebih nyaman berbicara secara virtual.

Buku ini bercerita tentang Penny dan Sam, dua remaja yang mendapati diri mereka dalam masa transisi hidupnya. Penny meninggalkan rumah untuk pertama kalinya demi memulai perguruan tinggi, sedangkan dunia Sam baru saja terbalik, lantaran ia mengetahui bahwa mantan pacarnya hamil.

Saat Sam dan Penny berpapasan, tidak ada kejadian lucu atau menggemaskan. Hanya ada kecanggungan yang menyelimuti keduanya. Namun, mereka memutuskan untuk bertukar nomor telepon dan tetap berhubungan melalui teks.

Di dalam perbincangan daring, mereka menemukan kenyamanan dari satu sama lain. Tanpa adanya kecanggungan tatap muka, Penny dan Sam dapat membuka diri dan berbagi kisah dengan satu sama lain. Namun, apakah yang terjadi jika hubungan dijalin tanpa bertemu dengan satu sama lain?

“Emergency Contact” merupakan buku romansa dengan perspektif yang baru. Gambaran karakter Penny dan Sam berhasil merepresentasikan orang-orang  yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Kisah ini dapat menghangatkan pembaca sekaligus membawa pesan moral.

  1. Attachments
Cover novel “Attatchments” (Foto : Books.apple.com)

Dibanding buku-buku sebelumnya, buku ini bisa terbilang lebih tradisional. “Attatchment” karya Rainbow Rowell mengkisahkan soal kencan daring yang berawal dari surel.

Dilansir dari Goodreads, Beth Fremont dan Jennifer Scribner-Snyder tahu bahwa seseorang sedang memantau surel kantor mereka. Namun, kebijakan perusahaan ini tetap tidak dianggap serius. Mereka terus saling mengirim surel lucu yang membahas setiap aspek kehidupan pribadi mereka.

Sementara itu, Lincoln O’Neill tidak percaya ini adalah pekerjaannya dia. Ketika dia melamar menjadi “petugas keamanan internet,” dia membayangkan dirinya membangun firewall dan menghancurkan peretas, bukan mengawasi surel orang lain.

Ketika Lincoln menemukan pesan Beth dan Jennifer, dia tahu dia harus melaporkan mereka. Tapi dia tidak bisa menahan diri untuk terhibur dan terpikat oleh cerita yang dia baca.

Pada saat Lincoln menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Beth, ia menyadari  bahwa sudah terlambat untuk memperkenalkan diri. Lagipula, apa yang bisa ia katakan?

“Attatchments” merupakan karya pertama dari penulis New York Times Bestseller, Rainbow Rowell. Kini, Rainbow sudah menulis sejumlah buku romansa terpopuler salah satunya, “Eleanor and Park” dan “Fangirl”.

 

Penulis: Arienne Clerissa

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: queriaestarlendo.com, books.apple.com

Sumber: Goodreads.com, books.apple.com, googlereads.com