Setelah Hampir Dua Pekan Dirawat, BJ Habibie Tutup Usia

Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu (11/09/19) (Foto: lombokita.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu (11/09/19) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat. Habibie tutup usia setelah dirawat secara intensif selama hampir dua pekan.

Informasi mengenai meninggalnya sosok yang lebih dikenal dengan nama BJ Habibie ini datang dari putranya, Thareq Kemal Habibie. Dikutip dari kompas.com, Thareq sempat menjelaskan mengapa ayahnya harus dirawat di rumah sakit.

“Bapak saya dari dulu semenjak muda punya masalah dengan jantung. Otomatis karena kian menua ini jantungnya sangat melemah. Dengan aktivitas yang tinggi tidak dikasih waktu istirahat, badannya memberontak. Jadilah ada masalah,” ujar Thareq pada Selasa (10/09/19).

Habibie terbaring di rumah sakit sejak 1 September 2019. Terkait kondisi tersebut, pemerintah sudah menyiapkan 44 dokter kepresidenan untuk bersiaga sejak Senin (09/06/19). Perawatan untuk kesembuhan Habibie sudah dilakukan selama dua pekan oleh tim dokter spesialis dari berbagai bidang keahlian. Namun, kini Habibie sudah berpulang di usia 83 tahun.

Sebelum Habibie meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto. Hal ini disampaikan oleh keponakan Habibie, Rusli Habibie usai menjenguk BJ Habibie.

“Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi,” terang Rusli yang menjabat sebagai Gubernur Gorontalo.

BJ Habibie saat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo. (Foto: okezone.com).

Hingga saat ini, Presiden Joko Widodo telah tiba di RSAD Gatot Soebroto untuk melayat Habibie. Kehadirannya terlihat sejak pukul 18.10 bersama dengan istri dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Agatha Lintang

Foto: lombokita.com, okezone.com

Sumber: cnnindonesia.com, kompas.com