Virus Corona Menyebar, MotoGP 2020 Dibatalkan

MotoGP 2020
MotoGP Qatar 2020 yang dijadwalkan pada Kamis (05/03/20) hingga Minggu (08/03/10) mendatang, terpaksa dibatalkan terkait penyebaran Virus Corona. (Foto: gridotocom)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – MotoGP Qatar 2020 yang dijadwalkan pada Kamis (05/03/20) hingga Minggu (08/03/10) mendatang, terpaksa dibatalkan terkait penyebaran Virus Corona. Pernyataan ini disampaikan melalui situs motogp.com dan fim-live.com pada Senin (01/03/2020) dini hari.

Dilansir dari sport.detik.com, awalnya MotoGP Qatar 2020 dipastikan akan tetap berlangsung dengan pengawasan ketat di tengah banyaknya wabah Virus Corona. Namun, hal ini akhirnya dibatalkan menyangkut pencegahan dan regulasi pemerintahan Qatar yang membatasi kunjungan turis, khususnya negara Italia.

Pemerintah Qatar memberlakukan karantina selama 14 hari bagi turis asing yang berasal dari Italia atau pun yang melakukan kunjungan ke Negeri Pizza tersebut selama dua minggu terakhir dikarenakan banyaknya kasus corona yang terkonfirmasi selama 24 jam terakhir. Seperti yang diketahui, rata-rata pembalap MotoGP berasal dari Italia.

Sementara itu, Moto2 dan Moto3 akan tetap dilangsungkan pada tanggal 5–8 Maret mendatang untuk melakukan tes resmi selama tiga hari. Namun, hanya balapan kelas MotoGP saja yang akan dibatalkan. Hal itu dikarenakan tim, pembalap, dan staf Moto2 dan Moto3 sudah berada di Qatar selama seminggu terakhir.

Tak hanya MotoGP Qatar, OR Grand Prix Thailand 2020 juga diundur oleh pemerintah setempat. Balapan yang dijadwalkan pada 20–22 Maret 2020 di Sirkuit Buriram tersebut diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Pengunduran ini adalah permintaan dari pemerintah Thailand karena banyaknya penyebaran Virus Corona. 

Dilansir dari liputan6.com, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul mengatakan, “kami perlu menunda MotoGP Thailand 2020 di Buriram yang dijadwalkan akhir Maret untuk jangka waktu tidak terbatas sejak Covid-19 dinyatakan sebagai penyakit menular berbahaya yang telah mengirim dampak di seluruh dunia. Ini untuk mencerminkan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah ini. Perdana menteri telah diberitahu tentang ini.”

Penulis: Thefanny

Editor: Agatha Lintang

Foto: gridoto.com

Sumber: motogp.com, fim-live.com, cnnindonesia.com, sport.detik.com, liputan6.com