Wastana Haikal: Jangan Menyerah Mencari Personal Branding

Webinar IMAGO 2020 dengan tema “Encounter the True Character”, yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting pada Sabtu (07/11/2020). (ULTIMAGZ/Kyra Gracella)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Ilustrator Wastana Haikal mengajak para peserta webinar berjudul “Encounter the True Character” untuk tidak menyerah dan terus mencoba mencari personal branding atau citra diri. Ini adalah salah satu pesan yang disampaikan dalam salah satu rangkaian acara IMAGO 2020 yang diadakan pada Sabtu (09/11/20).

“Sebanyak-banyaknya buku, sebanyak-banyaknya teori di sana, sebanyak-banyaknya orang yang sudah berhasil, itu tuh keberhasilan yang mereka share dari pengalaman mereka. Kadang, somehow tidak works on us,” ungkap Haikal ketika membicarakan soal citra diri.

That’s okay, karena kita memiliki background yang berbeda, opportunity yang berbeda, kita memiliki effort yang yang berbeda,” tambahnya.

Kuncinya adalah kalau mencoba lalu gagal, tidak apa untuk mencoba hal lain. Namun, perlu diingat bahwa tiap kegagalan harus diiringi dengan pembuktian dan tanggung jawab. Eksperimen harus tetap dilakukan untuk terus mengasah kemampuan.

Pembangunan citra seseorang tidak akan pernah berhenti. Animator yang tergabung dalam tim SIXTALES ini pun menambahkan bagaimana legenda-legenda saja terkenal ketika mereka sudah tiada. Oleh karena itu, harus terus mencoba selama masih hidup.

Personal branding atau citra diri adalah praktik untuk mempromosikan diri dalam hal karir dan pencapaian. Selain itu, sesuatu yang membuat seseorang dikenal oleh orang lain dan harus dipertahankan.

Menurut Wastana Haikal, dalam pembangunan citra diri harus menggunakan platform dengan audiens masing-masing, seperti Instagram. Ada banyak orang dan brand yang berkecimpuny di sana, sehingga ia akan mengembangkan akun Instagramnya sendiri.

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Xena Olivia

Foto: Kyra Gracella