Hindari Stres, Lakukan 6 Kegiatan “Me Time” Selama Pandemi

Hindari Stres, Lakukan 6 kegiatan "Me Time" Selama Pandemi (ULTIMAGZ)
Ilustrasi membaca buku ditemani dengan secangkir kopi (ULTIMAGZ/Melati Pramesthi)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Pandemi COVID-19 telah berlangsung hampir sembilan bulan lamanya sejak kasus positif pertama ditemukan di Indonesia. Anjuran untuk tetap di rumah membuat tidak adanya interaksi sosial yang memicu rasa bosan dan memperburuk kesehatan mental masyarakat. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami stres selama masa karantina mandiri. Salah satu solusi untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Dilansir dari halodoc.com, me time sangat penting untuk menjaga kesehatan mental, menurunkan stres, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan lebih banyak energi dari rasa penat. Me time cukup dilakukan hanya 5 menit dengan bernafas, meregangkan badan, atau tidak melakukan apapun. Hal tersebut akan membuat pekerjaan lebih efektif karena ada waktu yang digunakan untuk melepaskan lelah dan penat dari aktivitas rutin.

Berikut adalah enam rekomendasi me time untuk Ultimates:

1. Membaca buku

Membaca buku bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani me time saat pandemi. Membaca di waktu luang sambil ditemani makanan ringan bisa membuat suasana semakin santai namun cukup bermakna. Selain menstimulasi aktivitas otak dan meningkatkan intelektualitas, membaca juga bermanfaat untuk menurunkan kortisol yang merupakan hormon stres. Suatu studi di Inggris menemukan hasil penelitian bahwa membaca selama beberapa menit membuat tingkat stres turun hingga 67 persen.

2. Berolahraga

Olahraga dapat menjaga kesehatan fisik tetap sehat dan bugar. Selain itu, dengan berolahraga pikiran juga bisa menjadi tenang dan terhindar dari stres. Namun, pilihlah olahraga yang ringan, seperti yoga, senam, bersepeda atau lari. Olahraga rutin selama 15 menit setiap hari dapat meningkatkan energi tubuh, mengurangi rasa stres, menenangkan saraf, dan membantu tidur jadi lebih nyenyak.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik saat penat dan lelah dapat menambah semangat dan gairah. Nada musik yang menghentak atau alunan melodi klasik bisa memberikan inspirasi dan relaksasi. Banyak ahli setuju bahwa musik relaksasi memberikan penyegaran psikologi dan meredakan stres.

4. Menonton film favorit

Menonton adalah salah satu me time yang paling banyak digemari selama masa pandemi. Pilih tema film sesuai keinginanmu dan ekspresikan semua emosi yang kamu dapat dari film itu.

5. Memanjakan diri

Manjakan diri dengan melakukan perawatan diri seperti menggunakan masker atau lulur. Melakukan perawatan untuk tubuh akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman di sela kesibukan sehari-hari.

6. Berkebun

Berkebun juga merupakan salah me time yang banyak dilakukan saat pandemi. Berkebun dan mengoleksi tanaman yang sedang popular seperti monstera dan janda bolong bisa mengatasi stres dan bosan selama masa karantina mandiri.

Ultimates, kegiatan me-time untuk relaksasi sangat penting untuk mengurangi rasa stres di kala pandemi ini. Maka, luangkan sedikit waktumu untuk melakukan me time yang dapat mengusir kejenuhan akan rutinitas sehari-hari.

 

Penulis: Sr. Angela Siallagan

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Melati Pramesthi

Sumber: halodoc.com, mamapapa.id, kompas.com