Transit Elevated Bus di Tiongkok, Inovasi Kendaraan Masa Depan

Transit Elevated Bus diciptakan dan diluncurkan pertama kali di Tiongkok (5/8) sebagai inovasi transportasi umum terbaru di dunia. (money.cnn.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Tidak hanya muncul di film-film Hollywood, transportasi umum canggih yang bisa kita gunakan tanpa bebas macet sudah direalisasikan di dunia nyata. Transit Elevated Bus (TEB) adalah transportasi umum canggih terbaru yang diciptakan di Tiongkok. TEB merupakan inovasi terbaru yang belum pernah ada sebelumnya di dunia. Intip yuk! Apa saja kelebihan TEB?

Bebas Macet

Di masa sekarang, kita memang sangat memerlukan transportasi umum yang membebaskan kita dari perangkap kemacetan. Meningkatnya pertumbuhan kendaraan pribadi di jalan membuat kita resah bahkan kelelahan untuk menggunakan transportasi umum. Akan tetapi, ternyata ada solusinya. Buat Indonesia sendiri perlu menghadirkan inovasi terbaru dan sangat bagus seperti Transit Elevated Bus (TEB) yang diluncurkan di Qinhuangdao, Tiongkok pada Selasa (5/8). TEB ini memang didesain khusus untuk bebas dari macet.

Desainnya sendiri tergolong unik. TEB sendiri memiliki ukuran dengan panjang 72 kaki, lebar 26 kaki, dan tinggi 16 kaki. TEB ini mampu mengangkut 1200 sampai 1400 orang dalam sekali beroperasi. TEB ini juga terlihat sekilas mata melayang di atas tanah. Ini dikarenakan bagian bawah TEB sengaja dikosongkan agar bisa dimanfaat oleh kendaraan lainnya.

Bagian Bawah Bolong

Jika kita lihat desain TEB sendiri sangat mirip dengan kendaraan ala robotik di masa depan yang digambarkan di film-film. TEB memang besar sekali, hingga bisa memenuhi terowongan jalan, lho. Selain bisa memuat kapasitas 1200 sampai 1400 orang, TEB ini didesain agar bisa menyelesaikan masalah kemacetan. TEB ini ternyata transportasi kendaraan yang menyatukan dua kendaraan, yaitu light-rail dan bus.

Bagian bawah TEB sengaja dibuat bolong agar bisa dimanfaatkan oleh kendaraan lain. Bagian tersebut bisa dilewati oleh dua jalur mobil sekaligus. Jadi ini akan memudahkan mobil atau kendaraan lain untuk melewati TEB yang sedang berhenti sekalipun.

Sistem Bebas Polusi

TEB diciptakan dengan sistem transportasi umum yang baru dan dibuat lebih efisien. Mulai dari sistem kecepatan sampai keseluruhan diciptakan khusus agar ramah lingkungan. TEB ini memakai sistem tenaga listrik. Sistem ini sudah diuji dan dipastikan akan bebas dari polusi juga bebas dari tuntutan pemakaian BBM. Sangat cocok untuk digunakan di negara-negara yang ingin memangkas pemakaian BBM.

 

Penulis: Annisa Meidiana

Sumber: money.cnn.com