Commfest 2018 : Berkomunikasi Dengan Strategi

Wakil Ketua Communication Festival 2018 Livia Marcella memberikan kata sambutan dalam Opening Ceremony Communication Festival 2018 : Commistra pada Senin (01/10/18) di Kantin Gedung C Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten. (ULTIMAGZ/Devonseta Aldi)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.COM – Menjadi agenda tahunan himpunan Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Communication Festival 2018 resmi dibuka pada Senin (01/10/18). Tahun ini mengangkat tema “COMMISTRA” kependekan dari Communication is All about Strategy, yang bertujuan agar setiap individu mampu berkomunikasi dengan strategi agar pesannya memiliki makna, dan mengerti apa yang dikomunikasikan. Livia Marcella selaku Wakil Ketua Commfest 2018 memberi sambutan untuk peresmian acara tahunan ini.

“Sebagai contoh, anak jurnal cara menulis artikel yang mengandung makna agar pembacanya mengerti apa yang mau disampaikan artikel. Untuk anak strategic communication atau PR (public relation) bagaimana cara mereka mendekatkan diri kepada klien, dengan kalimat-kalimat agar si klien mau diajak kerjasama,” jelas Livia mengenai tema yang diangkat Commfest 2018.

Hal yang mendasari Commfest 2018 memilih tema strategi dalam berkomunikasi menjadi arahan tiap orang untuk berkomunikasi secara baik dan benar, karena dewasa ini banyak komunikasi terjadi tanpa makna dan masyarakat asal bicara.

“Dengan komunikasi strategi tiap orang bisa tahu yang salah dan benar. Karena sekarang ini cuma berkomunikasi tidak ada artinya, hanya asal berkata tanpa memikirkan apa yang diomongkan. Makanya dalam Commfest tahun ini berharap agar semuanya tahu apa itu komunikasi strategi, lewat rangkaian acara yang kita buat.”

Dirinya juga menjelaskan cara Commfest 2018 menerapkan tema besar mereka di setiap rangkaian acara, sejak Fikom Charity pada September hingga Oktober dengan acara Fikom Night.

“Lomba-lomba, pameran, seminar dan rangkaian acara kami ada hubungannya dengan komunikasi strategi. Contoh untuk lomba news anchor, sebagai pembawa berita bukan hanya cara berkomunikasi tapi pakaian yang rapi, maka akan terlihat keniatanya kepada penonton. Lalu lomba lainnya untuk PR, strategi untuk mengakrabi klien.”

“Jadi strategi itu bukan hanya taktik saja, tapi keniatan dan persiapan juga masuk dalam strategi,” tutup Livia.

 

Penulis : Theresia Amadea

Editor : Hilel Hodawya

Foto : Devonseta Aldi