Commpress 2018 Kenalkan Mahasiswa dengan Jurnalistik Era Baru

(kiri ke kanan) Ketua Program Studi Jurnalistik F. X. Lilik Dwi, Ketua Commpress 2018 Rizky Bagus, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ika Yanuarti melihat pameran Commpress 2018 usai resmi dibuka di Function Hall UMN, Senin (16/04/18). (ULTIMAGZ/Nadine K. Azura)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Acara tahunan jurusan Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Commpress kembali digelar dengan mengusung tema Brace for The New Age. Tema ini diangkat guna mempersiapkan kehadiran era baru di dalam dunia jurnalistik.

“Seperti yang kita tahu sendiri semakin banyak inovasi – inovasi baru, khususnya di dunia jurnalistik. Jadi, kami harap dengan tema ini teman – teman semakin mengenal bentuk dan regulasi-regulasi baru dalam jurnalistik new media agar menjadi siap dan bisa mengimplementasikannya di dalam perkuliahan dan di masa depan nantinya,” ujar Ketua Commpress 2018 Rizky Bagus.

Senada dengan Bagus, Ketua Program Studi Jurnalistik F. X. Lilik Dwi juga mengungkapkan bahwa mahasiswa jurnalistik harus mampu menyesuaikan diri dengan majunya era zaman sekarang.

“Tapi jurnalisme tidak akan bisa dihilangkan. Hanya berubah bentuknya saja. Kita semua harus siap,” tegas Lilik dalam pembukaan Commpress 2018 di Function Hall UMN, Senin (16/04/18).

Pada penyelenggaraannya kali ini, Commpress 2018 menjalin lebih banyak kerja sama dengan berbagai pihak dibanding tahun lalu. Dalam seminar dan workshop misalnya, Commpress 2018 bekerja sama dengan RRI, Prambors Radio, Ruru Radio, asumsi.co, Visual Interaktif Kompas, dan Tirto.id. Ada pula Uni Eropa, yaitu sebuah organisasi antar-pemerintahan dan Supra-Nasional beranggotakan 28 negara Eropa yang memberikan pengetahuan mengenai regulasi dan kajian media.

Selain itu, Commpress 2018 yang merupakan perhelatan Commpress yang ketujuh ini juga mengadakan dua macam lomba, yakni multimedia photo story dan artikel. Lomba multimedia photo story bekerja sama dengan Canon Indonesia, sedangkan lomba artikel melakukan kolaborasi dengan Kompas Muda. Kedua lomba terbuka untuk umum.

Rangkaian acara Commpress 2018 berlangsung sejak Senin (16/04/18) yang ditandai dengan dibukanya pameran foto, artikel, video, dan infografis di Function Hall UMN. Kemudian, acara akan ditutup dengan seremoni Young Journalist Award (YJA) pada Jumat (20/04/18).

 

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Nadine K. Azura