Erika Tania: Dunia Fashion Perlu Passion

Erika Tania saat memberikan seminar Fashion Journalism di Lecture Hall, UMN, Kamis (23/03/17).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Elle Indonesia menggelar seminar bertema Fashion Journalism and The Quest of Technology Workshop with Polytron di Lecture Hall, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Kamis (23/03/17). Seminar yang bertujuan mengajak para mahasiswa untuk ikut serta dalam Elle Vlogger Search ini menghadirkan perwakilan dari Polytron dan Higo yang telah memberikan presentasi sebelumnya dan Fashion Editor Elle Indonesia Erika Tania Dessyandra.

Erika mengatakan bahwa dunia fashion memerlukan passion yang dalam karena tidak mudah untuk menjalankannya. Seseorang yang bekerja dalam dunia fashion harus sigap untuk bertugas 24 jam karena mereka tidak akan pernah tahu kapan mereka dibutuhkan.

“Kalian pernah nonton Devil Wears Prada kan? Dunia fashion itu benar-benar seperti itu, tapi tanpa melibatkan hal personal seperti membeli buku Harry Potter, ya,” tuturnya.

Menurut Erika, banyak orang yang berpikir bahwa jurnalis fashion hanya bersenang-senang dengan fashion show dan parties. Tapi yang kurang diketahui adalah saat orang lain datang ke fashion show untuk menikmati acara, seorang jurnalis fashion justru harus bertugas meliput acara itu. Mereka harus fokus dan memperhatikan setiap detail dalam fashion show tersebut karena mereka ada di sana agar dapat memberikan berita yang dapat memuaskan pembaca. Maka itu sikap dan pikiran positif sangat diperlukan, terutama untuk jurnalis perempuan karena harus bisa mengontrol mood.

Untuk menambah pengetahuan peserta seminar mengenai fashion, Erika pun menceritakan pengalamannya menjadi seorang fashion stylist. Menurut Erika, dalam proses photoshoot, seorang stylist adalah sutradaranya. Stylist harus memiliki ketelitian dan memperhatian setiap detail agar photoshoot yang akan menjadi konten dalam berita memberikan hasil akhir yang memuaskan. Memberi arahan, mengerti kekurangan dari model, menjaga mood kru yang terlibat dalam photoshoot, serta mempunyai rencana cadangan apabila photoshoot tidak berjalan sesuai dengan rencana adalah beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh seorang stylist.

Ditanya perihal cara Elle Indonesia bertahan dalam penurunan peminat pembaca majalah saat ini, Erika menjelaskan bahwa Elle Indonesia berusaha terus mempertahankan jati dirinya dan tetap mengikuti perkembangan digital. Contohnya, Elle Indonesia mengambil strategi lewat online untuk menarik minat pembaca dengan mengunggah sneak peek berita terbaru Elle di Instagram dan menuliskan “baca selengkapnya di edisi terbaru” di setiap akhir caption untuk membuat pembaca lebih penasaran mengenai kelengkapan beritanya.

Penulis: Siti Rinda Rufaidah

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Siti Rinda Rufaidah