Indomie Diklaim Milik Afrika, Mendag: Ini Hal Positif

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Siapa yang tidak tahu produk mie instan bermerk Indomie? Tidak hanya di Indonesia, produk Indofood yang satu ini juga sudah terkenal di dunia internasional.

Penduduk dari berbagai negara di dunia berlomba-lomba mencari produk ini. Salah satu konsumen terbesar adalah negara Afrika. Bahkan, di Nigeria ada seorang penjual mie khusus yang berpendapatan jutaan per harinya. Besarnya jumlah konsumsi dan pabrik produksi Indomie di Afrika menyebabkan Indomie diklaim jadi milik mereka.

“Nigeria ada 10 pabrik Indomie, makanya mereka klaim Indomie dari Afrika,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dilansir bisnis.liputan6.com.

Hal ini ditanggapi positif oleh Indonesia, pasalnya, klaim yang dilakukan oleh Nigeria dianggap bukti bagaimana produk Indonesia adalah komoditi yang laku di pasaran internasional.

“Kami akan dorong berbagai produk ekspor yang bisa dilakukan oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah),” lanjutnya.

Enggar juga mengatakan bahwa pemerintah sudah melakukan kerja sama perdagangan dengan negara-negara kawasan Afrika dan Asia Selatan. Terdapat total 16 negara yang menandatangani perjanjian Free Trade Agreement (FTA) seperti Pakistan, India, Bangladesh, dan Afrika.

Negara yang menjadi target kerja sama tidak lain adalah negara-negara yang memiliki inflasi tinggi seperti Afrika. Selain itu, Enggar juga mengatakan negara-negara di Eurasia seperti Kazaktan dan negara-negara pecahan Uni Soviet memiliki keterikatan dengan Indonesia.

Penulis: Monique Oktaviannie

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: indomie.co.uk

Sumber: detik.com, tribunnews.com, kabarbisnis.com