HIMMA Ajak Mahasiswa untuk Tidak Apatis

(Kiri) Aji Braja Musti, calon wakil ketua dan Andy Tumiwa, calon ketua. (Kanan) Marcellinus Dibya, calon ketua dan Wanthing Fortuna, calon wakil ketua dalam debat terbuka himpuman mahasiswa manajemen pada Rabu (24/10/18). (ULTIMAGZ/Felisitasya Manukbua)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) UMN mengadakan debat terbuka antardua pasangan calon (paslon) pemimpin Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) pada Rabu (24/10/18) di Studio TV Gedung B Lantai 6 UMN sebagai bagian dari rangkaian kegiatan bulan demokrasi.

Kedua paslon mempunyai program kerja (proker) tersendiri yang akan mereka jalankan jika resmi terpilih menjadi ketua dan wakil ketua HIMMA. Kendati demikian, mengingat mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen yang cenderung masih kurang aktif dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan, masing-masing dari mereka mempunyai cara untuk mengurangi sikap apatis tersebut.

Menurut calon ketua dari paslon pertama, Andy Tumiwa salah satu cara yang akan ia lakukan adalah memanfaatkan sumber daya manusia dari Prodi Manajemen.

“Kita harus efisien, efisien kita tuh memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di Manajemen itu sendiri dengan sebaik-baiknya agar tidak ada keahlian-keahlian yang kita lewatkan,” ujarnya.

Selain itu, adapun cara lain yang akan dilakukan adalah menjunjung keefektifan dalam menjalani proker serta transparansi kepada para mahasiswa.

Menanggapi hal ini, calon ketua dari paslon kedua, Marcellinus Dibya berargumen bahwa ada sumber daya manusia yang masih belum dimanfaatkan dengan baik karena cenderung pasif. Untuk mengatasinya, Andy mengutamakan komunikasi sebagai kunci utama untuk lebih melibatkan sumber daya manusia yang ada.

“Yang penting komunikasinya dulu di awal,” jelasnya. “Mereka harus tahu jelas otomatis mereka akan terbuka sama kita dan kita juga balik lagi transparan sama mereka,”

Sementara itu, aksi sosialisasi akan dilakukan oleh Marcellinus melalui sarana website yang akan mereka buat, yang mana mahasiswa juga dapat memberikan umpan balik secara langsung terhadap proker mereka.

“Kita bisa memaksimalkan dengan cara kita sosialisasi langsung ke kelas-kelas (mahasiswa) tersebut. Kita bisa melakukan pendekatan langsung kepada mereka, nantinya kita akan memberikan value apa sih yang kita berikan kepada mahasiswa? Acara-acara apa yang akan diberikan?,” tutur Marcellino ketika menanggapi argumen Andy terhadap apatisme mahasiswa

Dibandingkan debat-debat sebelumnya, debat terbuka HIMMA dianggap berjalan dengan lancar dan ramai akan pendukung bagi kedua paslon tersebut.

“Debat hari ini berlangsung dengan baik kayak kita saling memberikan argumen, baik dari pihak kita sendiri, kita punya suatu value apa yang lebih yang kita berikan pada manajemen, dan Andy pun juga memberikan satu value apa yang lebih untuk diberikan pada Manajemen,” jelasnya.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Felisitasya Manukbua