HMP Gen II, Masih Ada Mahasiswa yang Belum Paham

Ilustrasi Himpunan Mahasiswa Perhotelan (HMP) Gen II mengenai evaluasi laporan kinerjanya bagi mahasiswa jurusan perhotelan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) (ULTIMAGZ/ La Bomba Rifai)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com –  Beberapa waktu lalu, ULTIMAGZ menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan soal pengetahuan mahasiswa perhotelan UMN akan Himpunan Mahasiswa Perhotelan (HMP) Gen II. Dari survei tersebut, ternyata masih ada mahasiswa yang belum memahami soal kegiatan atau program kerja HMP Gen II.

Survei tersebut diisi oleh 13 mahasiswa Perhotelan dari total 95 mahasiswa. Sejumlah 84,6 persen responden (11 mahasiswa) mengetahui tentang HMP UMN dan 15,4 persen tidak mengetahuinya (2 mahasiswa).  

Responden paling banyak mengetahui HMP dari pelaksanaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), sebanyak 72,7 persen. Lalu, sebanyak 36,4 persen responden mengetahui HMP dari media sosial resmi HMP dan teman-teman. Sejumlah 27,3 persen responden mengetahui soal HMP dari e-mail student, 18,2 persen dari media kampus, dan  9,1 persen responden dari anggota HMP sendiri.

Hasil kinerja HMP Gen II
Hasil survei ULTIMAGZ terkait kinerja HMP Gen II.

Pun demikian, masih ada mahasiswa perhotelan yang belum paham betul soal kegiatan atau program kerja HMP Gen II. Hal itu dapat dilihat dari diagram di bawah ini.

 

Hasil survei ULTIMAGZ terkait kinerja HMP Gen II.
Hasil survei ULTIMAGZ terkait kinerja HMP Gen II.

Dinilai Perlu Perbanyak Soal Perhotelan dan Bisnis

Terdapat beberapa masukan dan evaluasi yang diberikan responden untuk HMP Gen 2. Evaluasi tersebut berupa saran untuk memperbanyak webinar yang berhubungan dengan perhotelan dan bisnis,  tidak terlalu memberi peran dan tanggung jawab sulit untuk mahasiswa baru, dan mampu beradaptasi dengan program kerja serta pengerjaan sebuah himpunan karena kebanyakan anggota adalah mahasiswa baru.

Selain itu, ada responden yang mengungkapkan bahwa HMP Gen 2 sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Namun, hanya 9,1 persen saja responden yang pernah menyampaikan aspirasinya kepada HMP.  Responden lainnya menjawab tidak pernah menyampaikan aspirasi dengan alasan tidak ada hal yang ingin disampaikan.

Hasil survei ULTIMAGZ terkait kinerja HMP Gen II.
Hasil survei ULTIMAGZ terkait kinerja HMP Gen II.

 

Ketua HMP Gen II Ribka mengatakan bahwa sebenarnya ada beberapa program kerja (proker) yang telah disusun sebelumnya untuk tahun ajaran 2019/2020, yaitu Hotfest (Hotel Festival), Holiday (Hotel Leisure Day), dan pengenalan prodi angkatan 2020. Pun demikian, program kerja yang baru berjalan baru pengenalan prodi angkatan 2020. Hal itu disebabkan dengan merebaknya Pandemi COVID-19 sehingga seluruh kegiatan kampus harus dilaksanakan secara daring.

So far kita belum jalan semua, terutama yang Hotfest karena lomba-lomba dan kegiatan yang sudah direncanakan dari sebelumnya terpaksa kita rombak. Untuk Holiday masih dalam proses persiapan. Kita juga berhadap Holiday bisa berjalan sekaligus menjadi wadah farewell untuk angkatan pertama D3 Perhotelan yang sebentar lagi wisuda,” ujar Ribka saat diwawancara ULTIMAGZ November lalu.

Menurut Ribka sendiri, hambatan untuk HMP Gen II lebih banyak di bagian program kerja yang belum sempat terjalankan. Namun, mereka banyak belajar untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada.

“Untuk kinerja pasti ada plus minusnya lah ya setiap gen. Walaupun mungkin ada beberapa bagian dari proker yang harus diubah di bagian-bagian tertentu, tapi di gen ini aku rasa kita belajar lumayan banyak tentang gimana kita harus bisa beradaptasi apalagi dengan kondisi yang kayak gini. Aku juga merasa ada improvement dalam kedekatan antara anggota himpunan dibandingkan periode yang aku ikuti sebelumnya.”

Ke depannya, Ribka berharap Gen III dapat bisa menjadi lebih baik dalam berbagai aspek, serta bisa mengembangkan berbagai proker yang telah direncanakan.

“Semoga ke depannya HMP bisa semakin baik dalam berbagai aspek. Bisa memperbaiki apa yang kurang di gen 2, bisa melaksanakan dan mengembangkan proker-proker yang udah direncanakan. Semoga bisa beradaptasi apapun kondisi yang nanti terjadi dan yang pasti bisa menjalankan visi dan misi yang sudah ada,” pungkasnya.

 

Penulis: Xena Olivia, Sr. Angela Siallagan FCJM

Editor: Abel Pramudya

Foto: La Bomba Rifai Manullang