Acara Puncak VJD Berikan Apresiasi Kepada Pemenang Lomba

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Acara Visual Journalism Days (VJD) diakhiri dengan pengumuman pemenang dari berbagai kategori yang dilombakan. Dosen Pembina UMN Juice Lilik Dwi Mardjianto mengatakan, karya yang telah dipilih sudah melalui proses penjurian yang cukup panjang.

“Proses kurasi dilakukan bertahap. Ada enam mata kuliah yang berhubungan dengan VJD ini, misalnya videografi, KAB, Produksi TV 2, dan lainya yang memiliki karya setiap kelas,” tutur Lilik pada acara puncak VJD di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Rabu (2/3).

Ia menambahkan, karya yang dihasilkan mahasiswa dalam mata kuliah tersebut masih diseleksi oleh para kurator, minimal ada tiga karya yang dikumpulkan setiap kelas. “Setiap dosen harus mengumpulkan karya yang layak. Jika dalam satu kelas tidak ada yang layak, maka tidak ada yang dikumpulkan,” ujarnya.

Lilik mencontohkan, untuk kategori foto, single foto terbaik yang diraih Bangkit Jaya Putra menampilkan foto seorang ibu yang bekerja guna menyekolahkan anaknya. Untuk kategori foto essay, diraih oleh Daffa Syahnabil yang menceritakan kehidupan pengendara bajaj berwarna biru.

“Foto yang terpilih seperti foto bajaj itu mampu menggambarkan. Tanpa caption pun, bisa menceritakan kehidupan si tukang bajaj. Menampilkan foto-foto selain portrait, ada entire-nya, ada saat tukang bajaj lagi mangkal bersama temanya,” jelas Lilik.

Sementara itu, Ketua VJD 2016 Octi Sundari mengungkapkan, pemenang dari lomba merupakan pilihan murni dari voting mahasiswa saat penayangan video dan pameran foto. “Ada 525 voting yang dilakukan mahasiswa. Namun, tetap ada pilihan dari dosen dan kurator,” paparnya.

Beberapa pemenang dari masing-masing kategori antara lain; foto favorit diraih oleh Ibrahim Irsyad, best feature video diraih oleh video berjudul “Jabane”, best mini documentary diraih oleh video berjudul “Pesona Malam Alun-Alun Kidul”, video favorit diraih oleh video berjudul “Nissy si Anak Kosan”, dan best news program diraih oleh video berjudul “Kabar Pagi”.

 

Penulis : Christoforus Ristianto

Editor : Alif Gusti Mahardika

Fotografer : Pricillia Tania