Dewi Wahyu Ajak Mahasiswa Temukan Motivasi Diri

Ketua program studi Manajemen Dewi Wahyu Handayani berbagi cara untuk menemukan motivasi diri dalam seminar "Smart Student: The Best of Me" di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara, Rabu (27/4).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – “Self motivation is the key, you won’t be success without it,” ujar Dewi Wahyu Handayani seraya membuka seminar. Selaku pembicara pada sesi pertama dalam seminar “Smart Student: The Best of Me” yang dilaksanakan pada Rabu (27/4) lalu, ketua program studi Manajemen tersebut mengajak mahasiswa untuk menemukan motivasi diri masing-masing agar meraih kesuksesan.

Seminar yang diadakan oleh Student Support ini bertempat di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan berlangsung dari pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Mula-mula, peserta diajak untuk menyaksikan video perjalanan hidup pesepak bola Cristiano Ronaldo yang berdurasi sekitar delapan menit .

“Walau awalnya dia kurus dan lemah, ia terus berlatih, bahkan lebih keras dari teman-temannya yang lain. Saat yang lain beristirahat, ia tetap berlatih untuk mewujudkan mimpinya sebagai pesepak bola kelas dunia,” kata Dewi menyimpulkan tayangan tersebut.

Menurut Dewi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi diri. Pertama, membuat skala prioritas untuk tugas-tugas. Kedua, melakukan manajemen waktu. Dan ketiga, memberikan reward atau punishment kepada diri sendiri atas setiap tugas yang berhasil atau gagal dilakukan.

Tak hanya motivasi diri, peserta juga diajak untuk menyusun resolusi diri. Seluruh peserta mendapatkan tiga kertas dengan tiga warna, yakni merah, kuning, dan biru.

Pada kertas merah, peserta diminta untuk menuliskan hal-hal atau kebiasaan yang ingin dihentikan. Selanjutnya, kertas kuning diperuntukkan hal-hal yang ingin dilakukan, yang tentunya harus merupakan kebiasaan baik. Akhirnya, pada kertas biru, peserta akan menuliskan hal-hal baik yang sudah mereka lakukan saat ini dan ingin mereka lanjutkan.

Salah satu peserta seminar "Smart Student: The Best of Me" sedang menempelkan kertas yang berisikan motivasinya di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara, Rabu (27/4)
Salah satu peserta seminar “Smart Student: The Best of Me” sedang menempelkan kertas yang berisikan motivasinya di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara, Rabu (27/4).

“Setelah seminar ini, saya berharap kalian dapat mengikuti resolusi yang sudah kalian tuliskan tadi yaitu untuk menghentikan hal-hal buruk, dan memulai serta melanjutkan hal baik. Tentunya diperlukan komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk melakukannya,” tutup Dewi.

Penulis : Monica Devi Kristiadi
Editor : Alif Gusti Mahardika
Fotografer : Angelina Rosalin