Diskusi Film Spotlight Bersama UMN Juice dan Remotivi

Pemutaran film dan diskusi film "Spotlight" membuat Lecture Hall UMN ramai hingga malam hari, Selasa (29/3)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Komunitas jurnalistik UMN Juice bekerja sama dengan Remotivi sukses menggelar acara pemutaran dan diskusi film Spotlight pada hari Selasa (29/3) di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Acara ini dihadiri oleh dua pembicara, yakni redaktur pelaksana investigasi Majalah Tempo, Wahyu Dhyatmika, dan Windu Jusuf selaku editor Cinema Poetica.

Tujuan digelarnya acara ini adalah memberikan pengetahuan tentang bagaimana menjadi jurnalis yang baik, serta berdiskusi terkait film tersebut dengan pembicara yang hadir. “Sebenarnya acara ini sedikit keluar jalur mengingat UMN Juice sendiri bergerak film dokumenter dan foto jurnalistik. Namun, film ini sangat menarik karena menggambarkan bagaimana menjadi jurnalis yang baik,” ujar Octi Sundari selaku ketua pelaksana pemutaran dan diskusi film Spotlight.

Film Spotlight sendiri merupakan adaptasi dari kisah nyata, dimana tim investigasi “Spotlight” milik surat kabar The Boston Globe menginvestigasi kasus pelecehan seksual yang dilakukan pendeta katolik Roma terhadap anak dibawah umur di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Film tersebut meraih penghargaan Oscar dalam kategori Best Screenplay dan Best Picture.

Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti acara ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan dan bahas dengan para pembicara. Bahkan meski acara berjalan hingga malam hari, beberapa mahasiswa masih ikut berdiskusi.

“Sebagai mahasiswa jurnalistik, akan sangat menarik melakukan sesi diskusi film yang jalan ceritanya sangat sesuai dengan dunia jurnalistik,” ujar Gladis, mahasiswa Komunikasi 2015 yang hadir.

Menariknya, tidak hanya mahasiswa UMN saja yang hadir, namun beberapa mahasiswa dari kampus lain seperti Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya juga hadir dalam acara ini.

“Acara ini sangat menarik karena saya dapat sharing dan mendapatkan banyak pengalaman tentang bagaimana dunia jurnalistik yang sebenarnya,” ujar Anissa, mahasiswa Komunikasi 2015.

 

Penulis : Natalia Setiawan

Editor : Alif Gusti Mahardika

Foto : Angelina Rosalin