Ketahui Cara Baru Koneksi Wi-Fi UMN

Koneksi Wi-Fi. (Ilustrasi: tribunnews.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Teknologi Informasi Universitas Multimedia Nusantara (IT UMN) sempat melakukan perbaikan perihal keamanan jaringan Wireless Fidelity (Wi-Fi) yang menyediakan akses internet di UMN. Hasilnya, terdapat perubahan cara koneksi wi-fi yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan jaringan.

Mengenai perubahan ini, IT UMN telah membagikan “Panduan Cara Koneksi Wi-Fi UMN” pada Rabu (16/10/19) yang bisa dipelajari melalui surel single sign-on (SSO) civitas UMN. Panduan ini dibuat guna membantu pengguna, yakni mahasiswa, dosen, dan karyawan, memahami cara baru untuk terhubung dengan Wi-Fi

Saat ini, terdapat tiga Service Set Identifier (SSID) yang tersedia dalam lingkungan UMN, yaitu “@umn.ac.id” yang diperuntukan bagi staf dan dosen UMN, “@lecturer.umn.ac.id” bagi dosen paruh waktu UMN, dan “@student.umn.ac.id” bagi seluruh mahasiswa UMN. 

Prosedur koneksi Wi-Fi terbagi dalam empat sistem operasi, yaitu Windows, Android, iOS, dan Mac OS. Secara garis besar, walaupun memiliki kompleksitas cara koneksi yang berbeda, perubahan terdapat pada tempat pengguna untuk log in yang kini tak lagi menggunakan halaman web.

Pengguna dapat melakukan log in dengan memasukkan surel SSO dan kata kunci langsung pada portal koneksi jaringan setelah memilih SSID. Pada kondisi sebelumnya, perangkat elektronik pengguna bisa terhubung dengan Wi-Fi melalui akses log in di halaman web

Protokol ini disebut WPA-Extensible Authentication Protocol (WPA-EAP), yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dalam memanfaatkan Wi-Fi dan memudahkan pengguna karena bersifat sekali log in. Selain itu, protokol ini membantu meminimalkan pelemahan keamanan asli dengan menggunakan Wired Equivalent Privacy (WEP) dan sistem manajemen kunci yang canggih, yang sebelumnya menggunakan Wi-Fi Protected Access 2 (WPA2). 

Menurut keterangan pihak dari IT UMN Dwi Kristiawan, perubahan ini sudah dicanangkan sejak awal program kerja IT UMN dan telah ditayangkan melalui TV Digital Signage terkait perubahan serta panduan selama lebih dari satu bulan sejak awal Agustus.

“Dieksekusi mulai Agustus 2019 dengan masa peralihan antara bulan Agustus sampai September, jadi sinyal STUDENT masih ada sampai September kemarin,” terang Dwi. 

 

Penulis: Maria Helen Oktavia

Editor: Audrie Safira Maulana

Ilustrasi: tribunnews.com

Sumber: Panduan Cara Koneksi Wi-Fi UMN, id.scribd.com