Pembangunan Gedung D Berdampak pada Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas

Pengeboran di Gedung D Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang menyebabkan suara bising dan terdengar sampai ruang kelas selama pelajaran berlangsung. Kamis (28/02/19). (ULTIMAGZ/Sania Zelikha)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – P.K. Ojong dan Jakob Oetama Tower UMN atau yang juga dikenal dengan sebutan Gedung D hingga kini masih dalam proses penyelesaian pembangunan. Dari total 17 lantai, baru delapan lantai yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, yakni lantai dasar hingga lantai sembilan. Proses pembangunan yang masih berlangsung di lantai sepuluh pun dirasa mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas-kelas yang terletak di lantai sembilan. Hal ini diungkapkan oleh Dosen Jurnalistik Ignatius Haryanto.

“Apa yang ingin saya sampaikan ke mahasiswa menjadi terinterupsi,” ujarnya pada Jumat lalu (01/03/19). “Suaranya bising sekali, kemudian saya harus menunggu sampai suara itu berhenti baru saya bisa menyampaikan lagi.”

Hal senada juga terdengar dari mahasiswi Jurnalistik 2016 Intania Laksmi. Proses pembangunan di lantai atas pernah mengalihkan fokus dirinya dan teman-teman saat di kelas lantai sembilan.

“Waktu sedang mengerjakan tugas kelompok di kelas lantai sembilan, ada bunyi yang cukup besar sehingga kami sempat panik tapi akhirnya sadar kalau itu suara dari atas,” tutur Intania.

Mahasiswa Jurnalistik Eben Haezar 2018 juga mengaku merasa bahwa suara dari lantai 10 membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif karena proses pembanguan yang belum selesai.

“Karena suara bor yang tidak berhenti membuat dosen yang sedang mengajar memberikan tugas mendadak karena kondisi kelas yang tidak kondusif untuk diskusi,” kata Eben.

Di antara para mahasiswa yang merasa terganggu dengan suara pembangunan yang belum selesai, ada juga mahasiswa yang mengaku tidak terganggu dengan hal tersebut. Salah di antaranya adalah mahasiswi Perhotelan 2018 Bernadheta.

“Suara alat-alat beradu memang kedengaran sih, tapi saya pribadi enggak terganggu sama sekali,” katanya.

Pihak Building Management Sudarman Sutanto menanganggapi bahwa pembangungan seharusnya dilakukan bukan saat jam kelas berlangsung.

“Pembangunan lantai 10 itu sebenarnya diatur untuk dilakukan di luar jam kuliah, ya mungkin ada beberapa pekerja bandel dan kami pun sudah menegur para pekerja,” kata Sudarman pada Jumat (01/03/19). 

Pembangunan Gedung D yang belum selesai itu diperkirakan akan rampung dalam beberapa bulan ke depan.

“Selesai (pembangunan) nanti di bulan Agustus saat ini,” tambah Sudarman.

 

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Sania Zelikha