“Pesona Malam Alun-Alun Kidul Jogjakarta” Jadi Favorit Penonton

Penayangan film di acara Visual Journalism Day (VJD), Selasa (1/3) di Lecture Hall, UMN.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Visual Journalism Days (VJD) hari kedua, Selasa (1/3) di Lecture Hall sukses digelar dan menarik perhatian banyak mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Di antara beberapa film, “Pesona Malam Alun – Alun Kidul Jogjakarta” paling banyak mendapat antusias dari penonton yang hadir.

Film garapan Samuel dan kelompoknya ini berhasil menarik perhatian. “Kelompok saya ingin mengangkat sisi lain dari kota Jogja yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya,” ujar Samuel.

Film ini sendiri bercerita bagaimana indahnya malam di Alun-Alun Kidul kota Jogja yang terkesan tidak baik dan juga sepi pengunjung, namun berubah menjadi salah satu destinasi wisata favorit akibat tangan kreatif Bagong.

Bagong menciptakan desain odong-odong dengan gemerlap lampu-lampu yang membentuk ornamen khas Jogja dan memadukannya dengan lagu daerah yang diputar di dalam odong-odong. Hal tersebut disambut gembira oleh para pengunjung Alun-Alun Kidul. Mereka terlihat sangat antusias menaiki odong-odong dengan gemerlap lampu yang indah serta lagu daerah yang menyenangkan.

Bagong sendiri adalah seorang pekerja serabutan yang kemudian memiliki ide kreatif untuk menciptakan odong-odong yang unik dan kreatif.

Kelompok Samuel berhasil mengemas film tersebut dengan sangat apik. Dimulai dari angle pengambilan gambar, pemilihan lokasi, hingga suara yang diperhitungkan dengan baik sehingga menghasilkan karya yang sayang untuk dilewatkan. Mereka juga menyematkan sisi budaya dalam film ini, sehingga para penonton dibuat paham akan keragaman budaya di Indonesia.

“Saya sangat tertarik dengan film-film yang ditampilkan di sini, sekalian saya mengisi waktu luang sambil menunggu kelas selanjutnya,” ujar Reinhard, salah satu penonton.

Penayangan film pada hari terakhir ini diakhiri dengan film yang berjudul Jabane.

 

Penulis & Foto : Natalia Setiawan

Editor : Alif Gusti Mahardika