Juni Darliah, Menimba Ilmu Tanpa Lelah

Biarawati sekaligus Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) angkatan 2019 Juni Darliah baru saja mengikuti sidang senat terbuka penerimaan mahasiswa baru, Jumat (09/08/19). (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Berbekal tekad dan bakat, Juni Darliah Siallagan datang ke Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk mempelajari dunia jurnalistik sebagai mahasiswa. Wanita yang juga mengabdikan diri sebagai biarawati ini mengungkapkan, dirinya ingin mengembangkan bakatnya menjadi penulis kreatif dengan memilih Program Studi (Prodi) Jurnalistik di UMN.

“Saya pilih UMN karena terkenal banget, nge-top gitu, kampusnya bagus banget,” tutur Juni.

Mahasiswa yang lahir pada 26 Oktober 1985 itu pertama kali ‘menemukan’ UMN saat melakukan pencarian di Google tentang kampus yang memiliki prodi Jurnalistik. 

“UMN itu kan pendirinya Jakob Oetama, pendirinya Kompas, jadi aku langsung cari UMN,” katanya kepada Ultimagz. “Sebenarnya aku sudah mau kuliah tahun lalu, tapi karena menyelesaikan kerjaan dulu, jadi akhirnya tahun ini.”

Sebelumnya, Juni telah menyelesaikan pendidikan akuntansi di Akademik Politeknik Mandiri Bina Prestasi (MBP) Medan. Lulus dari Akademik Politeknik MBP pada 2010, Juni sempat menjadi auditor yayasan pendidikan selama empat tahun, sebelum akhirnya diangkat menjadi sekretaris pimpinan. 

Harapannya dalam belajar jurnalistik di UMN adalah untuk mengembangkan bakat menulisnya. Sampai saat ini, Juni telah menghasilkan banyak karya baik di beberapa media daring maupun cetak. Selain itu, dia juga telah menerbitkan lima buku. 

“Semoga bisa nulis untuk Kompas juga,” tambahnya dengan nada canda.

Salah satu buku karya Juni. (Sumber: ebooks.gramedia.com)

Mengenai pengalamannya mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN 2019, wanita kelahiran Sipolda, Sumatera Utara itu mengaku merasa agak kesulitan saat briefing OMB. 

“Agak sulit karena aku udah biasa kerja di kantor sebagai sekretaris pimpinan, terus tiba-tiba aku mesti kayak landing gitu. Mesti ikut adek-adek yang udah jauh di bawah aku, jadi aku mesti menyesuaikan diri,” tutur Juni, menjelaskan pengalamannya.

“Tapi, aku coba membaur sama mereka meskipun pertama agak sulit. Terus aku sekarang merasakan, hebat! Luar biasa. Kreatif banget gitu, lo. Enggak salah pilih!” tegasnya.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Kevin Oei Jaya

 

  • Ananta Politan Bangun

    Mantap. Semangat selalu, Suster

    • Juni Darliah

      Mksh ya