Kerja Sama, BRI Perjelas Fungsi Brizzi di UMN

Penampakan kartu Brizzi yang dijual di Universitas Multimedia Nusantara (UMN).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sejak Senin (29/8), Kantin Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memberlakukan sistem pembayaran baru, yaitu menggunakan kartu Brizzi. Pemberlakuan sistem ini merupakan hasil kerja sama antara UMN dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Ketua program kerja sama antara BRI dengan UMN, Ahmad Sehuddin, menyatakan bahwa kerja sama semacam ini sudah lama diinginkan kedua pihak.

“Dari pihak Libro sebenarnya lagi mencari vendor yang bisa memfasilitasi pembayaran tersebut. Dengan kerja sama, BRI memberikan secara gratis perangkat EDC (Electronic Data Capture) atau mesin debit,” jelas Ahmad lebih lanjut.

Kerja sama ini juga mengubah alur transaksi di kantin UMN. Mahasiswa tidak lagi melakukan transaksi di kasir Libro, melainkan langsung di masing-masing tenant.

“Masing-masing tenant kami berikan mesin EDC, tujuannya agar transaksi jadi lebih sederhana dan efisien karena mahasiswa sudah bisa dilayani pembeliannya di masing-masing tenant,” jelas Agnes, salah satu karyawan BRI.

Selain memfasilitasi para penjual, BRI juga diperbolehkan untuk menjual kartu Brizzi di wilayah UMN sebagai salah satu bentuk kerja sama. Mahasiswa diberikan pilihan untuk membeli kartu beserta saldonya dengan harga minimal Rp 50.000,- atau Rp 100.000,-.

Harga tersebut belum termasuk potongan biaya pembuatan kartu sebesar Rp 20.000,-. Biaya tersebut akan langsung dipotong dari saldo kartunya.

“Kartu pun dari kita ada deposit saldo, karena memang itu memang sudah kesepakatan dengan bank-bank lain yang memiliki jenis kartu yang mirip bahwa deposit kartu itu sejumlah dua puluh ribu rupiah,” jelas Ahmad lagi.

Tak hanya itu, kerja sama antara UMN dengan BRI juga mencapai keputusan untuk pemberlakuan refund. Dijelaskan Ahmad, ada dua jenis refund yang diberlakukan, yaitu refund kartu dan refund saldo.

Pada refund kartu, saldo yang tersisa dalam kartu dapat dikembalikan seluruhnya. Namun, pemberlakuan refund ini hanya berlaku jika dilakukan pada hari yang sama dengan pembelian kartu.

“Kita juga masih bisa refund, istilahnya kartu dan isinya itu bisa dikembalikan lagi asal pembelian kartunya harus di hari yang sama karena belum masuk ke dalam laporan penjualan,” ujar Ahmad.

Lainnya, mahasiswa juga dapat melakukan refund saldo, yaitu pengembalian saldo yang bersifat sebagian dari sisa saldo yang ada di dalam kartu.

“Misalnya, setelah bertransaksi masih ada saldo Rp 24.000,-. Kalau misalnya mahasiswa ini ingin naik angkot dan butuh uang sebesar Rp 10.000,-, ia bisa langsung datang dan mengajukan refund sebesar Rp 10.000,-,” jelas Ahmad kemudian.

Refund saldo ini dapat dilakukan kapan saja, dan khusus berlaku bagi civitas academica UMN. Kedua jenis pengembalian dana ini bisa dilakukan di stand BRI, atau di Kantor Cabang BRI yang berlokasi di Gedung C UMN.

Selama masa pembukaan stand, yaitu Senin (29/8) hingga Rabu (31/8), BRI juga membuat promo cashback sebesar Rp 100.000,- kepada pembeli kartu Brizzi seharga Rp 100.000,-. Cashback tersebut diberikan dalam bentuk saldo rekening debit BRI.

Penulis: Christian Karnanda Yang 

Editor: Clara Rosa Cindy

Foto: Evan Andraws