Kompetisi Treasure di NMC2016 Ajak Mahasiswa Kenali dan Cicipi Dunia Saham

Keramaian peserta kompetisi Treasure oleh Natonal Management Competition yang berlangsung pada Selasa (17/5) di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Acara National Management Competition (NMC) 2016 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himma) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerja sama dengan PT. Phillip Securities Indonesia, menggelar kompetisi bermain saham atau ‘Treasure’ yang diikuti oleh peserta dari dan luar UMN.

“Sisi antusiasme mahasiswa UMN sudah cukup besar. Ini adalah tahun kedua kami (PT. Phillip Securities Indonesia) bekerja sama dengan kampus ini. Terlihat peningkatan jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini,” ujar bagian edukasi dan pemasaran dari PT. Phillip Securities Indonesia Martha Tampubolon, di Function Hall UMN pada Selasa (17/8).

Selain tingkat antusiasme mahasiswa yang meningkat, Martha juga menambahkan bahwa pengetahuan para mahasiswa mengenai pasar modal pun sudah cukup baik. Ia juga berpendapat, kompetisi ‘Treasure’ ini berguna untuk membantu para mahasiswa yang ingin bergerak di bagian pasar modal.

“Tinggal yang dikembangkan itu praktiknya. Kalau kuliah kan lebih bergerak di teori. Bagaimana akan menghadapi investasi yang real? Salah satunya melewati kompetisi ini yang memberikan gambaran bagaimana pasar modal itu di dunia nyata,” jelasnya.

Martha juga berpendapat, kompetisi seperti ini berguna bagi mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari ekonomi, manajemen, atau akuntansi. Pasalnya, mereka sudah mulai diperkenalkan dengan pasar modal, sehingga memungkinkan bagi mereka untuk menjadi investor.

Di zaman sekarang, sangat mudah bagi mahasiswa atau anak muda untuk menjadi investor. Jika dulu untuk menjadi investor perlu menyetor dana sekitar sepuluh juta Rupiah, kini hanya perlu mulai dari seratus ribu Rupiah saja. Selain dari sisi pendanaan, akses internet pun memudahkan mahasiswa dan anak muda untuk belajar mengenai saham dan modal

Dan jika dulu seseorang perlu menelepon pialang untuk membeli saham, sekarang sudah tidak lagi. “Beli dan jual saham sudah bisa secara online dan kita sendiri yang mengeksekusi, jadi sudah sangat mudah. Bisa diakses melalui PC ataupun mobile,” jelas Martha.

Martha juga menekankan, untuk menjadi investor, mahasiswa perlu memahami bahwa investor saham itu dibagi dua yakni trading dan investing. Trading merupakan jual-beli secara cepat dan berjangka pendek, sedangkan investing melihat jangka panjang. Dan mahasiswa harus memiliki pengetahuan mengenai technical analyzing, fundamental, dan psikologi pasar atau kemampuan membaca pasar.

 

Penulis: Valerie Dante

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: Cindy Gani