Koordinator Divisi Acara OMB 2019: Hari Pertama Sudah Cukup Sukses

Mahasiswa baru Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengikuti sesi pengenalan kampus (Endo 5) yang menjadi salah satu rangkaian dari Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN 2019 hari pertama, di Lobi B Universitas Multimedia Nusantara pada Selasa (06/08/19). (ULTIMAGZ/Yvonne)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rangkaian acara Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) 2019 hari pertama, Selasa (06/08/19) berlangsung dengan baik dari awal hingga akhir tanpa hambatan. Hal itu disampaikan oleh salah satu koordinator divisi acara Yesaya Ariel Syafaat.

Sama seperti tahun lalu, OMB tahun ini juga tidak memberi jeda antara hari briefing dengan pelaksanaan OMB.  Meski demikian, Yesaya mengaku puas melihat antusiasme mahasiswa baru di hari pertama OMB. Dirinya menilai, kelangsungan OMB hari pertama ini sudah cukup sukses. 

“Memang pasti memiliki waktu untuk adaptasi yang cukup lama sebenarnya, tapi untuk kegiatan yang hanya jeda sehari dan melihat antusiasme para mahasiswa baru menurutku sudah cukup baik. Mereka (mahasiswa baru) sudah bisa berinteraksi dengan baik dengan panitia dan teman-teman lain,” tuturnya.

Rangkaian OMB hari pertama dimulai pukul enam pagi. Para mahasiswa baru terlebih dulu bertemu di titik kumpul dan berjalan beriringan di bawah arahan divisi keamanan OMB 2019, Suwarnakaya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan upacara bendera atau Endo 7 yang dipimpin oleh Rektor UMN Ninok Leksono.

Seluruh rangkaian acara OMB 2019 disebut dengan istilah ‘Endo’, terhitung mundur dari Endo 7 (tujuh) hingga Endo 0 (nol). Hal ini bertujuan untuk membakar semangat mahasiswa baru hingga ke puncak acara.

Yesaya mengungkapkan bahwa istilah ‘Endo’ tersebut berasal dari kata ‘Endogen’, atau tenaga dari dalam bumi yang mempunyai sifat membangun. Pengambilan kata ini juga menyimpan harapan agar OMB UMN 2019 mampu membantu para mahasiswa baru menemukan bakat terpendam mereka.

“Kita itu mengibaratkan setiap pribadi mahasiswa baru ini sebagai sebuah planet, di mana mereka memiliki beberapa lapisan yang ketika digali akan menemukan banyak hal berharga, seperti misalnya emas, minyak bumi, dan lain-lain. Jadi, kita menganggap bahwa kita bisa berhasil membantu mereka menemukan bakat terpendam mereka,” jelas mahasiswa Teknik Fisika 2017 tersebut.

Setelah Endo 7, acara dilanjutkan dengan pengenalan lembaga (Endo 6), pengenalan kampus (Endo 5), Bilik Nusantara (Endo 4), dan ditutup dengan aktivitas angkatan (Endo 3) yang menjadi acara penutup hari pertama OMB 2019 ini.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Christ Yvonne Jonathan