KPU UMN Resmi Gelar Bulan Demokrasi 2020

Bulan Demokrasi 2020 (ultimagz)
Rangkaian kegiatan Bulan Demokrasi yang diselenggarakan KPU UMN akan mulai dilaksanakan pada 16-20 November 2020 dengan tema "KampusMu SuaraMu" (ULTIMAGZ/ Caroline Saskia)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Komisi Pemilihan Umum Universitas Multimedia Nusantara (KPU UMN) resmi menggelar Bulan Demokrasi sejak Senin (26/10/2020). Program ini memberikan kesempatan bagi para pasangan calon (paslon) pemimpin himpunan periode 2020-2021 untuk melaksanakan kampanye dan debat terbuka.

“Karena di kampus inilah kamu menjadi seorang mahasiswa dan menyadarkan ke para mahasiswa bahwa suaramu itu sangat penting untuk kesejahteraan kampus,” ujar Ketua KPU UMN 2020 Audi Gus Imadudin Jalil.

Mengusung tema “KampusMu SuaraMu”, KPU UMN ajak mahasiswa untuk sadar berdemokrasi sehingga ikut dalam pemilihan suara nanti. Oleh karena itu, KPU UMN mengimbau agar masyarakat kampus mau mempelajari program para kandidat dan mengunakan hak suara dengan bijak dan baik.

“Mahasiswa UMN diharapkan dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih  calon organisator terbaik sehingga dapat menuntut kerja nyata dari organisator  pilihannya,” ujar Audi.

Bulan Demokrasi sendiri terdiri dari beberapa tahap yang seluruhnya dilakukan secara virtual. Pertama adalah sesi perkenalan para paslon Himpunan Mahasiswa di acara pembuka yang berlangsung pada Senin (26/10/2020). Kegiatan lalu berlanjut ke sesi debat antar paslon  yang digelar mulai 26 hingga 30 Oktober.

Tahap selanjutnya yakni Panggung Demokrasi yang dilaksanakan pada 9 sampai 13 November. Dalam tahap ini para paslon akan melakukan sesi tanya jawab terbuka, baik dengan moderator maupun mahasiswa. Selanjutnya, pada 2 hingga 6 November KPU UMN memberikan kesempatan bagi paslon untuk melakukan kampanye.

“Para calon organisator diharapkan dapat melayani publik (mahasiswa UMN) melalui program kerjanya sehingga menumbuhkan kepercayaan mahasiswa UMN terhadap pentingnya keberadaan organisasi di UMN,” imbuh Audi.

Setelah itu, Bulan Demokrasi melewati masa tenang hingga akhirnya pemungutan suara oleh mahasiswa dibuka pada 16-20 November mendatang. Puncak penyelenggaraan Bulan Demokrasi pada 21 November saat KPU UMN mengumumkan hasil akhir pemungutan suara.

Mari ramaikan pesta demokrasi Universitas Multimedia Nusantara 2020!

Penulis: Jairel Danet Polii

Editor: Abel Pramudya

Foto: Caroline Saskia