Line Webtoon Bagikan Tips dan Trik Memulai Karir di Dunia Komik

Dalam seminar Line Creators Campus Roadshow, Senin (08/05/17) di Executive Lounge, Universitas Multimedia Nusantara, Ghina Fianny, Manager Line Webtoon Indonesia memberikan berbagai tips dan trik bagi para peserta untuk memulai karir menjadi seorang komikus.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Line Creator Market sukses menggelar seminar bertajuk Line Creators Campus Roadshow yang diadakan pada Senin (08/05/17) di Executive Lounge, Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Dalam kesempatan ini hadir Ghina Fianny, Manager Line Webtoon Indonesia yang membagikan tips dan trik untuk memulai karir di dunia komik.

Hal pertama yang perlu dilakukan komikus adalah menentukan motivasi atau tujuan dalam membuat komik. Motivasi tersebut di antaranya komersil, ketenaran, ataupun penyampaian pesan dan konsep dari sang komikus.

Setelah menentukkan motivasi, maka creator harus menentukan target pembacanya. Hal tersebut dilakukan agar pesan yang ingin disampaikan creator dapat tersalurkan dengan baik. Dalam menentukan target, Ghina memiliki pesan khusus untuk para creator.

“Pilih satu target dan puaskan target tersebut. Buatlah bagaimana caranya agar mereka tertarik untuk membaca komik kalian sampai tamat,” tutur Ghina.

Langkah selanjutnya adalah menemukan keunikan dari komik tersebut. Langkah ini merupakan bagian yang paling penting karena keunikanlah yang kelak menjadi nilai jual dari komik tersebut.

“Komik yang kalian hasilkan harus memiliki keunikan dari segi visualisasi maupun alur cerita. Misalnya dalam Webtoon Eggnoid yang menyajikan alur cerita yang sebenarnya sederhana namun dibumbui hal-hal berbau fantasi yang membuat komik tersebut unik dan digemari,” jelas Ghina.

Ghina juga mengimbau kepada para creator untuk bisa menentukan logline (resume) dari komik yang dibuat secara detail untuk menarik perhatian dan memudahkan pembacanya dalam memahami arah dari komik tersebut.

Langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya menurutnya adalah membuat touch down approach atau meletakkan bagian yang menarik di awal komik untuk menggugah minat pembaca dan membuat mereka penasaran.

Touch down approach dalam setiap komik akan berbeda tentunya, namun jika creator ingin komiknya dibaca secara berkelanjutan, maka touch down approach-nya pun harus mengagumkan,” tutup Ghina.

Penulis: Natalia Setiawan

Editor: Christian Karnanda Yang 

Foto: Elvira Lisa Gunawan