Membedah Program Jurnalisme Kreatif Bersama ANTV

Eko Ardiyanto selaku Senior News Manager memberikan kata sambutan dalam acara Kampus Keren (2/3), UMN, Tangerang.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (I’M KOM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN), ANTV menggelar acara seminar dan workshop “Kampus Keren” dengan tema creative journalism di Function Hall, Rabu (2/3). Acara ini mengundang beberapa pembicara dari ANTV dan luar, yang membahas mengenai jurnalisme yang kreatif.

Pembicara pertama adalah Eko Ardiyanto selaku Senior News Manager & Current Affairs ANTV. “Kebetulan di tengah persaingan yang sangat ketat, serta banyaknya stasiun TV yang ada sekarang ini, kami diharapkan harus kreatif sehingga memiliki program unggulan,” ujar Eko yang telah bekerja di dunia pertelevisian selama 19 tahun lamanya.

Eko kemudian menjelaskan bahwa selain terikat dengan kode etik, jurnalis juga dituntut untuk kreatif dalam menghasilkan konten yang menghibur dan bermanfaat. Ia menggunakan salah satu program acara di ANTV, yaitu Selamat Malam Indonesia (SMI) sebagai contoh dari program acara jurnalisme kreatif.

Program yang hadir setiap hari ini menampilkan begitu banyak segmen, mulai dari liputan langsung, chit-chat, hingga olahraga. Acara yang disebut sebagai trendsetter program berita tengah malam ini adalah hasil karya dari tim News & Current Affairs di ANTV akibat tuntutan dari manajemen untuk membuat suatu program yang dapat menaikkan rating & share. Berkat konten beragam dan pemberitaan unik, SMI berhasil menempati posisi satu di slot-nya.

Content is the king,” ujar Eko. Menurutnya, konten suatu acaralah yang menentukan arah acara tersebut. “Konten yang bagus menghasilkan rating & share yang tinggi,” lanjutnya.

Selain Eko Ardiyanto, adapun pembicara lain seperti Anggi Mulya selaku Manager Current Affair, Maria Selena selaku pembawa acara Selamat Malam Indonesia (SMI), Nyoman yang merupakan Senior Cameraman, dan Arief Muhammad, founder dari Nyunyu.com yang hadir pada sesi kedua acara.

Acara “Kampus Keren” yang merupakan salah satu program kerja dari divisi Academic Research and Development I’M KOM juga merupakan rangkaian dari acara ulang tahun ke-23 ANTV.

 

Penulis: Valerie Dante

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: Debora Darmawan