OMB UMN 2021: Berdinamika dalam Budaya Nusantara

Dinamika kelompok merupakan salah satu rangkaian acara Orirentasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN 2021 melalui daring pada peleburan hari pertama Kamis (12/8/2021). (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rangkaian kegiatan hari pertama OMB UMN 2021 atau yang disebut dengan Peleburan Hari 1 sukses dilaksanakan pada Kamis (12/08/21). Salah satu kegiatan yang diikuti peserta dengan penuh semangat ialah sesi dinamika kelompok yang dibalut dengan konsep budaya Nusantara.

Sesi dinamika kelompok dilakukan oleh peserta bersama dengan Cetta (Person In Charge) masing-masing di dalam breakout room. Aktivitas ini bernama Mengarsa Telu Mandhala yang berarti “Pergi ke Tiga Daerah”, di mana para peserta akan diajak berkeliling ke tiga daerah di Indonesia melalui tiga kegiatan yang berbeda, yaitu Batang Citra, Deles atau Lepat, dan Sulaksana 5C.

Batang Citra adalah aktivitas menebak gambar tokoh pahlawan, tarian tradisional, dan alat musik daerah. Aktivitas ini berkaitan erat dengan budaya Indonesia yang mampu melambangkan nilai adaptif dan inovatif dengan terus lestari dari generasi ke generasi. Sementara itu, Deles atau Lepat dilakukan dengan cara memberikan jawaban benar atau salah terhadap pernyataan seputar kebudayaan Nusantara. Terakhir, Sulaksana 5C merupakan dinamika yang bertujuan untuk menambah pemahaman mahasiswa baru mengenai nilai 5C Kompas Gramedia.

Konsep yang tak lepas dari budaya Nusantara ini juga menjadi cara panitia untuk melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak luntur dan terus tertanam dalam diri generasi muda. Koordinator Divisi Anggitcatha (Acara) OMB UMN 2021 Fedora Annabella menjelaskan bahwa pengusungan konsep tersebut memang selalu dilakukan pada rangkaian OMB dari tahun ke tahun, salah satunya adalah dengan penggunaan bahasa Sansekerta pada penamaan setiap divisi kepanitiaan.

“Setiap tahunnya OMB UMN memang terus-menerus mengangkat budaya Nusantara, bisa dilihat juga dengan penamaan divisi yang selalu menggunakan bahasa Sansekerta,” jelasnya.

Fedora juga mengungkapkan bahwa tim acara OMB UMN 2021 berupaya untuk membalut sesi dinamika kelompok dengan suatu cerita yang seru, yaitu dengan membawa para peserta berkeliling tiga daerah di Indonesia sembari membuat kain batik yang menjadi nama dari setiap kelompok.

“Tim acara tahun ini berusaha untuk membawa budaya Nusantara agar tidak hilang. Kita juga ingin membawa mahasiswa baru seolah-olah berpetualang mengelilingi Nusantara dengan nilai-nilai yang kita tanamkan di setiap dinamika,” kata Fedora.

Sepanjang dinamika kelompok berlangsung, seluruh peserta menunjukkan antusiasme yang besar dalam memberikan jawaban baik melalui kolom komentar maupun secara langsung. Mereka didorong untuk bisa memiliki keberanian untuk berbicara, menjawab soal, dan membangun kekompakkan dengan anggota kelompok. Dengan begitu, mereka dapat belajar untuk menjadi pribadi yang berani untuk beradaptasi dengan cepat dan mampu bertindak inovatif, sesuai dengan tema OMB UMN 2021.

Selain sesi dinamika kelompok, Peleburan Hari 1 OMB UMN 2021 juga dipenuhi dengan sejumlah konten dan kegiatan lainnya seperti perkenalan lembaga-lembaga dalam lingkup UMN, konten mengenai Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang disajikan oleh Divisi Samakta (Konsumsi), konten mengenai cara mengatasi rasa cemas oleh Divisi Agnimaya (Medis), serta Seminar Anti Narkoba yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Eva Fitri Yuanita.

Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN 2021 dibuka dengan sambutan dari kepala rektorat UMN Bapak Ninok Leksono melalui daring pada Peleburan Hari 1 Kamis (12/8/2021). (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)

“Di Peleburan Hari 1 OMB UMN 2021 ini kami berharap semua konten yang sudah kami persiapkan dengan sepenuh hati bisa tersampaikan dengan baik kepada teman-teman mahasiswa baru, bahkan juga sampai Peleburan Hari 2 nanti,” ujar Ketua OMB UMN 2021 Grace Natasha Krisnadi.

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Fotografer: Kevin Oei Jaya