OMB UMN 2021 Dorong Mahasiswa Baru untuk Berani Hadapi Perubahan

Hari Briefing acara Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (10/8/2021). (ULTIMAGZ/ Elisha Widirga)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Rangkaian Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) resmi dimulai dengan dilaksanakannya Hari Briefing pada Selasa (10/08/21). Tahun ini merupakan kali kedua pelaksanaan OMB UMN secara daring seiring dengan pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir. 

Dengan mengangkat tema “Bergerak Adaptif, Bertindak Inovatif”, OMB UMN 2021 ingin mengajak para peserta untuk berani menghadapi perubahan yang terjadi di sekitar mereka, secara khusus banyak diakibatkan oleh situasi pandemi COVID-19. Melalui pengusungan tema ini, panitia berharap agar OMB UMN 2021 mampu menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk bisa mengenal lingkungan kampus, beradaptasi dengan perubahan yang ada, dan terus mengasah diri dalam berinovasi dengan memberikan hal baru.

Bergerak Adaptif, Bertindak Inovatif berangkat dari sebuah konsep yaitu berani dalam menghadapi perubahan di tengah pandemi yang tidak kunjung usai, bahkan cenderung meningkat. OMB UMN 2021 ingin mengajak peserta dan panitia untuk bisa beradaptasi dalam bidang apa pun, secara khusus bagi peserta agar bisa mengenal lingkungan kampus di tengah-tengah perubahan,” ujar Ketua OMB UMN 2021 Grace Natasha Krisnadi dalam Konferensi Pers Hari Briefing yang dilaksanakan pada Selasa (10/08/21).

“Harapannya, kami mempersiapkan setiap individu untuk mau dan bisa beradaptasi dalam situasi apa pun dan juga berinovasi memberikan hal baru,” lanjut Grace. 

Sejalan dengan tujuan tersebut, OMB UMN 2021 menerapkan sejumlah nilai utama yakni keyakinan, keberanian, dan nilai 5C Kompas Gramedia yang meliputi Caring, Credible, Competent, Competitive, dan Customer Delight. Nilai-nilai tersebut akan ditanamkan dalam diri mahasiswa baru melalui setiap konten yang disajikan dalam OMB. Grace pun menjelaskan bahwa nilai-nilai inilah yang dibutuhkan seorang individu untuk mampu menghadapi perubahan. 

“Melalui tema tahun ini, kita melihat nilai apa saja yang dibutuhkan seorang individu untuk mampu menghadapi perubahan. Maka, terbentuklah ketiga nilai utama OMB UMN dan satu inovasi yang akan diberikan pada saat rangkaian OMB melalui konten-konten dan seminar,” jelas Grace, dilansir dari Rilis Pers OMB UMN 2021.

Salah satu konten Divisi Samakta (Konsumsi) tentang makanan sehat pada rangkaian kegiatan acara OMB UMN 2021. (ULTIMAGZ/Elisha Widirga)

Selain ketiga nilai tersebut, nilai utama lainnya yang juga diusung dalam OMB UMN 2021 adalah quality education yang merupakan poin keempat Sustainable Development Goals (SDGs). Peningkatan kualitas pendidikan yang tercermin melalui nilai ini diharapkan mampu mendorong mahasiswa baru untuk mampu beradaptasi dan terus melakukan berbagai inovasi baru, khususnya dalam dunia perkuliahan.

Keseluruhan rangkaian OMB UMN 2021 sendiri berlangsung pada 10, 12, dan 13 Agustus 2021, meliputi Hari Briefing, Peleburan Hari 1, dan Peleburan Hari 2. Selama tiga hari tersebut, panitia menghadirkan berbagai kegiatan dan konten yang bervariasi untuk mahasiswa baru, salah satunya adalah seminar dengan beberapa topik penting seperti anti narkoba, anti intoleransi dan radikalisme, serta anti perundungan dan kekerasan seksual.

Selain itu, panitia juga menyajikan konten-konten menarik dari beberapa divisi, aktivitas seru bersama angkatan, dan perkenalan lingkungan kampus serta lembaga dalam lingkup UMN yang tentunya penting untuk diketahui para mahasiswa baru.

 

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Fotografer: Elisha Widirga