Turun dari Tahun Lalu, Jumlah Suara Pemilu UMN Hanya Capai 26 Persen

Election Week UMN dilaksanakan pada 11-15 November 2019 di Kantin Gedung C, UMN, Tangerang. Selain dilakukan secara langsung, pemilihan juga dapat dilakukan secara daring. (ULTIMAGZ/Androw Parama)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Komisi Pemilihan Umum Universitas Multimedia Nusantara (KPU UMN) telah resmi mengumumkan hasil penghitungan suara pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan pada Sabtu (16/11/19) di Student Lounge, Gedung B UMN. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah suara yang terkumpul justru menjauh dari target yang ditetapkan KPU UMN.

Sebanyak 4.580 suara berhasil dikumpulkan selama Election Week yang dilaksanakan pada 11-15 November 2019. Total suara untuk seluruh himpunan mencapai 2.343 suara sah dan 8 suara tidak sah. Sementara itu, terdapat 2.221 suara sah dan 8 suara tidak sah untuk BEM. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Sub. Koordinator Bulan Demokrasi Kalvin Kamas saat ditemui Ultimagz selepas pengumuman. Dirinya mengatakan, penggunaan hak suara pada pemilihan BEM masih jauh dari target yang ditetapkan KPU UMN, yakni 50 persen.

“Sebenarnya tahun ini target pemilihan kita 50 persen atau sekitar 4.000-an suara, tapi ternyata hanya 2.221 suara,” ungkap Kalvin.

Menurutnya, angka tersebut cenderung menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 2.693 suara atau sebanyak 39 persen dari total partisipan. Tahun ini, jumlah suara yang masuk hanya mencapai 26 persen dari total mahasiswa aktif UMN.

Minimnya partisipan ini masih menjadi permasalahan di setiap Pemilu UMN. Pihak KPU pun merasa bahwa publikasi yang dilakukan pihaknya maupun kampanye yang dilakukan peserta masih sangat minim.

Selain soal kurangnya publikasi, KPU juga berharap agar ke depannya semua himpunan juga dapat mengirimkan lebih dari satu pasangan calon. Dalam Pemilu kali ini, terdapat empat himpunan yang hanya mengirimkan satu pasangan calon (paslon), yaitu Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF), Himpunan Mahasiswa Perhotelan (HMP), Association of Computer Engineering Students (ACES), dan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI).

“Sebenarnya ini bukan sekali dua kali, tapi tetap saja masih ada himpunan yang ngirim cuma sedikit [satu]. Mungkin karena SDM sedikit dan yang mumpuni juga sedikit jadi kita enggak bisa nyalahin juga kan,” lanjut Kalvin.

Daftar Ketua dan Wakil Ketua BEM & Himpunan Periode 2019-2020
BEM: Kemal Roushdy – Jane Suwanto
HIMTARA: Agnes Regina – Rickie Febriady
HMP: Ribka Nadya – Gabrielle Eka
HMFILM: Sheyna Kezia – Wela Wihartanto
I’MKOM: Chevellia Aurelle – Monica Novelyna
HMDKV: Sekar Ayu – Christian Vieri
HMIF: Yunika Laurensia – Sherina Chandra
ACES: Jason Adrian – Arika Amalia
HIMSI: Angelia Chandra – Elray Andrew
HIMARS: Syahrul Khair – Yenika Sugiarto
HIMMA: Farrel Timothy – Jonathan Wunarso
HIMFERA: Markus A. Gielbert – Prajna Paramitha

Sementara itu, Yudika Agustine Maria dipilih secara internal sebagai Ketua DKBM Periode 2019-2020.

 

Penulis: Nadine K. Azura

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Androw Parama