U-Fest 2019 Satukan UKM Seni dan Budaya dalam FUTURE

Teater KataK bersama Ultima Sonora menampilkan pementasan drama musikal berjudul Klise : Asa Penyatu Suara dalam Future 2019 di Function Hall (FH) Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Jumat (18/10/19). (ULTIMAGZ/Devonseta)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Delapan dari sepuluh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni dan budaya yang ada di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menampilkan karya hasil kolaborasi dalam salah satu rangkaian acara UMN Festival (U-Fest) 2019, yaitu Festival of Art and Culture (FUTURE). Setiap UKM mengemas penampilannya secara berpasangan di Function Hall, UMN, Gading Serpong, Banten pada Jumat (18/09/19)

Kita ketemu sama mereka (pengurus UKM Seni dan Budaya) dan tanya ke mereka mau konsepnya seperti bagaimana. Akhirnya mereka semua pilih kolaborasi antara dua UKM,” jelas Hannalia Valentine selaku Ketua U-Fest 2019.

Hannalia menambahkan, setiap UKM diberikan kebebasan untuk memilih pasangan kolaborasinya. Hasilnya, UKM USO berkolaborasi dengan Tracce, sedangkan Qorie tampil bersama J-Cafe. Sementara itu, Mufomic bekerja sama dengan Street Dance UMN, dan Teater KataK berekanan dengan Ultima Sonora. 

Sebelumnya, dua UKM Seni dan Budaya lain, Ultima Toys dan Obscura, sudah lebih dulu menampilkan hasil kolaborasinya. Kedua UKM tersebut memadukan karya mereka dalam pameran yang dilaksanakan pada 11-13 September 2019. 

FUTURE 2019 menanamkan nilai ketulusan atau sincerity kepada seluruh penampil. Hannalia berharap setiap penampil dapat menjalani proses persiapan dari awal hingga akhir dengan tulus hati. 

Kita mengambil kolaborasi supaya mereka bisa lebih mengenal UKM satu sama lain, dan mereka lebih tulus, serta rendah hati bergabung bersama-sama untuk menampilkan satu penampilan yang bersama-sama,” ujar mahasiswa jurusan Jurnalistik angkatan 2017 itu.

Salah satu yang menerapkan nilai ketulusan ialah Teater KataK dan Ultima Sonora, lewat pementasan Klise: Asa Penyatu Suara. Danan Wisnu sebagai sutradara mengatakan, momen kebersamaan merupakan hal yang paling penting dalam pementasannya. 

“Kebersamaan itu yang menurut gue penting di produksi ini. Makanya selalu gue bilang (kepada tim produksi), kita itu enggak ada yang menyebut diri sendiri dari Teater KataK atau Ultima Sonora. Kita itu adalah klise asa penyatu suara, suatu kesatuan, penyatu suara,” pungkas Danan. 

FUTURE merupakan salah satu dari tiga rangkaian acara yang dimiliki oleh U-Fest. Seluruh UKM, Lembaga Seni Otonom (LSO), asosiasi, dan komunitas yang ada di UMN dapat meningkatkan ikatan kebersamannya melalui U-Fest. Nantinya seluruh angkaian U-Fest akan berakhir pada Jumat (25/10/19). 

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Devonseta