UMN Raih Piala Samala Ultigraph 2018

(Dari kiri ke kanan) Ketua Ultigraph 2018 Jennifer Huang bersama Pemenang Submisi Pameran Font “Boraspati Typeface” Anno Wicaksono dan Pemenang Sayembara Character Design Vinnawati menjadi perwakilan dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk menerima Piala Samala pada acara Malam Penganugerahan Ultigraph 2018 di Lecture Theatre UMN, Jumat (16/11/18). Piala Samala diberikan kepada UMN akibat memenangkan nominasi terbanyak di acara besutan Desain Komunikasi Visual (DKV) UMN tersebut. (ULTIMAGZ/Azhar)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Ultigraph 2018 memberikan Piala Samala kepada Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai bentuk penghargaan kepada universitas yang mengikuti lomba dan meraih poin terbanyak pada Malam Penganugerahan Ultigraph 2018 di Lecture Theatre UMN, Jumat (16/11/18). UMN kembali merebut Piala Samala yang pada tahun sebelumnya diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Pada tahun ketujuhnya, acara besutan program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Multimedia Nusantara (DKV UMN) ini mengangkat tema Kalavikasana. Kata ‘Kalavikasana’ berasal dari gabungan dua kata bahasa Sansekerta, yakni ‘Kala’ yang berarti sesuatu yang konstan dan ‘Vikasana’ yang memiliki arti perkembangan. Dengan ini, Ultigraph 2018 memiliki tujuan mengajak desainer untuk terus berkembang.

“Kami melihat isu di mana desainer cepat puas diri saat sudah mempelajari satu hal dan stuck di situ saja. Di tahun ini kami bekerja sama dengan studio langsung mendapat brief, dikerjakan, dan dikurasi oleh studio. Jadi, peserta bisa mengerti ke depan harus melakukan apa dan mengembangkan yang mereka butuhkan, enggak cuma apa yang mereka punya,” jelas Ketua Panitia Ultigraph 2018 Jennifer Huang.

Dalam penyelenggaraan kompetisi, Ultigraph 2018 bekerja sama dengan beberapa studio sebagai juri, seperti Mata, Kamarupa, dan Antikode. Selain itu, terdapat pula pameran yang merupakan hasil kurasi tiga organisasi desain grafis di Indonesia, yaitu Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Desain Grafis Indonesia (DGI), dan Idea. 

Salah satu terobosan baru Ultigraph 2018 terlihat pada sayembara T-Shirt Design yang bekerja sama dengan merek Skill Monky. Sebagai bentuk penghargaan terhadap peserta, setiap karya pemenang akan menjadi desain produk Skill Monky dan mendapat royalti dari penjualan tersebut.

 

Berikut daftar pemenang Ultigraph 2018.

SAYEMBARA
UI Design with Antikode – Gabriella Leatycia (TAFE Queensland Brisbane)
Character Design with Mata Studio – Vinnawati (UMN)
Self Branding with Kamarupa – Pierre Ang (UMN)
T-Shirt Design with Skill Monky – Josephine (UMN)

ON-BRIEF COMPETITION
Illustrated Typography – Shelton Aprilette
Collage Art Making – Jason F.S.
iDraw Doodling Competition – Alexander Alva Delanova

PAMERAN
Campaign – Melihat Bukan Berarti Tahu (Christy Monica, UMN)
UI/UX – We Cook (Agnes Andreyana, Azzahra Khoirunisa, Devi Ellyanti, Martini, UMN)
Infografis – Instagram Marketing Untuk Bisnis (Eldad Efata, UMN)
Poster – Perfect Imperfection (Kezia Josephine, ITB)
Photography – The Future Will Be More Abstract (Glenn Rafael, UMN)
Experimental – Ned Indisch Cultureel Type (Fadila Disma Puteri, ITB)
Motion Graphic – Masa Raya (Risqi Alfin, Maghfira Ramadhanti, Fadila Disma Puteri, ITB)
Editorial – Selalu dan Selamanya (Luisa Erica, UMN)
Font Design – Boraspati Typeface (Anno Wicaksono, UMN)
Packaging – Packaging Design Loco (Annetta Dewi Wijaya, Yesica Suyanti, UKP)
Branding – HeHe (Septianie Putri, Kezia Josephine, ITB)
Illustration – Rudolf Family (Ovita Pattari Purnamadjaya, UMN)

 

Penulis: Agatha Lintang

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Azhar