UMN Tetapkan Kuliah Semester Ganjil 2020/2021 secara Daring sampai UTS

UMN menerapkan perkuliahan daring hingga UTS semester ganjil 2020/2021
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menetapkan pelaksanaan kuliah Semester Ganjil 2020/2021 secara daring hingga Ujian Tengah Semester (UTS). (Foto: ULTIMAGZ/ Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pandemi Covid-19 belum mereda hingga saat ini. Oleh karena itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menetapkan pelaksanaan kuliah Semester Ganjil 2020/2021 secara daring hingga Ujian Tengah Semester (UTS).

“Pada saat ini ditetapkan bahwa untuk mata kuliah teori dan praktikum akan menggunakan full online sampai dengan ujian tengah semester (UTS). Untuk selanjutnya akan melihat kebijakan pemerintah, apabila keadaan masih kurang kondusif akan dilanjutkan secara online sampai akhir semester ganjil 2020/2021,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Friska Natalia lewat aplikasi pesan singkat, Jumat (19/06/20).

Keputusan tersebut sudah disampaikan kepada seluruh mahasiswa dengan SK Rektor Universitas Multimedia Nusantara, No. : 146/Sk-R/Vi/2020, tentang Pelaksanaan Kuliah Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Multimedia Nusantara. Pihak universitas merujuk pada Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19. UMN sendiri akan menyampaikan secara resmi dalam SK Rektor tentang pelaksanaan semester ganjil 2020/2021, juga akan dilengkapi dengan Surat Edaran WR I mengenai mekanisme kegiatan belajar mengajar.

Rencana Kuliah Semester Ganjil 2020/2021
Dalam mempersiapkan perkuliahan daring, pihak kampus memberikan pelatihan dan sharing kepada seluruh dosen tentang metode pengajaran online, untuk memastikan bahwa seluruh capaian pembelajaran setiap mata kuliah dapat tercapai.

Assessment bagi mahasiswa sedang dalam peninjauan. Dalam seluruh mata kuliah memiliki kegiatan yang menyangkut pre-class, activity class, dan post-class. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat memahami materi secara menyeluruh sebelum dan setelah proses pembelajaran. Singkatnya, setiap dosen perlu memperhatikan beban tugas mahasiswa,” kata Friska.

Friska melanjutkan bahwa mata kuliah yang membutuhkan praktikum juga akan dilaksanakan secara daring. Saat ini, UMN sedang mempersiapkan software alternatif yang bisa digunakan untuk bekerja di rumah, sedangkan untuk mata kuliah yang membutuhkan perangkat dengan spesifikasi khusus, sudah disiapkan agar dapat diakses secara remote.

Modifikasi praktikum dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan peralatan sendiri. Sementara itu, praktikum yang memerlukan peralatan khusus dan hanya bisa dilakukan di kampus, akan ditunda pelaksanaannya sampai kondisi memungkinkan.

“Setelah PSBB Tangerang Raya dilonggarkan, kampus UMN akan dibuka kembali secara bertahap sehingga sivitas akademika bisa beraktivitas secara terbatas, baik di kampus maupun di beberapa layanan mahasiswa yang dilakukan secara tatap muka,” ujar Friska.

“Bagi mahasiswa tahun terakhir yang sedang menyusun skripsi, tugas akhir atau project yang membutuhkan sarana laboratorium atau peralatan, diperbolehkan menggunakan sarana laboratorium atau meminjam peralatan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan UMN,” lanjutnya.

Pelaksanaan perkuliahan secara daring akan membutuhkan biaya akses internet yang cukup besar. Oleh karena itu, UMN akan memberikan bantuan dana kepada semua mahasiswa angkatan 2019 ke atas berupa potongan biaya saat pembayaran KRS semester ganjil. 

“Mahasiswa perlu mempersiapkan koneksi internet yang cukup baik di lokasi rumah masing-masing sebelum memulai perkuliahan semester ganjil tersebut. Ketika kampus sudah dibuka, maka mahasiswa dalam jumlah terbatas boleh datang ke kampus untuk memanfaatkan sarana internet” kata Friska.

Sesuai protokol kesehatan pemerintah, hanya sejumlah 50 persen  dari kapasitas mahasiswa yang boleh datang ke kampus untuk memanfaatkan internet. Namun, menurut Friska tidak ada sistem yang diterapkan untuk memantau hal ini. 

Penulis: Juni Darliah

Editor: Abel Pramudya

Foto: Frizki Alfian