Yang Berbeda dari Kuliah Online, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Persiapan kuliah online
Meningkatkan diri agar lebih produktif serta belajar untuk disiplin selama kegiatan kuliah daring. Ilustrasi foto (ULTIMAGZ/ Caroline Saskia)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kuliah online masih dilanjutkan oleh kebanyakan universitas di Indonesia karena kurva penyebaran virus COVID-19 yang tidak kunjung menurun. Universitas Multimedia Nusantara pun turut melanjutkan kegiatan belajar-mengajar daring ini yang telah dimulai sejak pertengahan Maret 2020. Untuk itu, ULTIMAGZ menanyai pendapat beberapa mahasiswa baru UMN seputar kuliah daring. Yuk, perhatikan beberapa poin di bawah ini supaya kamu bisa lebih tahu tentang apa saja yang harus dipersiapkan agar kuliah daring ini dapat berjalan dengan baik, lebih produktif, dan menyenangkan!

1. Kedisplinan diri

Disiplin adalah kunci utama yang harus ditegakkan dalam kuliah daring. Belajar dalam lingkungan rumah yang cenderung lebih santai dapat memengaruhi mood selama proses belajar. Belum lagi, godaan eksternal dari suasana tempat tinggal dapat membuat konsentrasi terpecah dengan mudah. Bila terbiasa belajar di lingkungan kelas yang kondusif, belajar di lingkungan baru yang situasinya tidak dapat ditebak bisa menjadi tantangan baru.

“Ini (kedisiplinan diri) merupakan hal penting dan utama dipersiapkan karena akan banyak godaan-godaan yang membuat kita kehilangan niat atau mood untuk belajar,” ungkap Yesaya Ariel Syafaat, mahasiswa teknik fisika UMN semester tujuh.

Hal serupa dilontarkan oleh Rakhel Brigitta Susanto yang berasal dari jurusan perhotelan semester empat. Menurutnya,  kedisiplinan diri dapat dimulai dengan bangun pagi dan bersiap-siap lebih awal agar tidak mengantuk ketika kelas. Oleh karena demi menjaga badan tetap sehat, tidur yang cukup dan pola makan yang teratur memberi pengaruh yang sangat besar, lho!

2. Mental dan komitmen diri

Selain Yesaya, mahasiswa semester tujuh lainnya yang memberi pendapat mereka kepada ULTIMAGZ mengenai kuliah daring adalah Daphne. Daphne yang merupakan mahasiswa semester tujuh dari jurusan film menambahkan bahwa setelah berhenti belajar beberapa bulan, sifat bosan dan malas mungkin akan muncul saat memulai kuliah daring. Oleh karena itu, setiap orang perlu mempersiapkan diri secara mental karena melihat pengalaman kuliah secara tatap muka saja terkadang tidak sepenuhnya mampu diikuti dengan baik, apalagi kuliah secara daring, materi yang diberikan bisa lebih sulit untuk dimengerti.

Maka dari itu, komitmen setiap orang sangat perlu untuk lebih disiplin, membaca materi perkuliahan di waktu luang dan mendiskusikannya dengan teman atau dosen, perlu membangun niat untuk mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu. Nah, untuk Ultimates yang ingin menambah wawasan dan inspirasi, yuk perbanyak waktu luang untuk menonton video-video informatif dan edukatif di YouTube!

Menyiapkan fasilitas memadai selama perkuliahan daring. Ilustrasi foto (ULTIMAGZ/Amartya Kejora)

3. Fasilitas yang memadai

Mengenai fasilitas yang memadai, Daphne dan Ira Suryani Anggraini dari jurusan informatika 2018 menyatakan bahwa setiap orang mempersiapkan perlengkapan kuliah seperti laptop, handphone, komputer, buku catatan, dan lain-lain. Untuk kuliah daring kuota internet dan tempat yang nyaman perlu dipersiapkan dengan baik sehingga kita benar-benar siap mengikuti kuliah. Bagi mahasiswa yang sedang menjalani semester tujuh yang banyak melakukan kegiatan asistensi bersama dosen,  mempersiapkan penyusunan  jadwal meeting selain jadwal  kelas online harus dilakukan dengan benar, lho!

4. Kegiatan non akademik

Meskipun perkuliahan dilaksanakan secara daring, namun kegiatan non akademik tetap berjalan untuk menunjang kemampuan softskill bagi mahasiswa. Kegiatan non akademik dilaksanakan secara daring seperti pelatihan-pelatihan online, rapat-rapat online, kompetisi online, dan sebagainya. Oleh karena itu mahasiswa baru yang ingin mendaftar berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau kepanitiaan, jangan khawatir, ya! Berbagai kegiatan UKM di UMN akan tetap berjalan, tetapi masih dalam format daring demi mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh kampus dan KEMENDIKBUD.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut di atas, maka mahasiswa yang akan memulai perkuliahan semester ganjil, terutama mahasiswa baru bisa lebih siap berkomitmen belajar dan mempersiapkan fasilitas pendukung perkuliahan daring. Jangan lupa, efektivitas perkuliahan daring ini juga sangat dipengaruhi disiplin dan komitmenmu, lho! Yuk semangat untuk menjalani semester baru ini sehingga kegiatan akademik maupun non akademik dapat berjalan dengan lancar!

 

Penulis: Sr. Angela Siallagan FCJM

Foto: Caroline Saskia, Amartya Kejora

Editor: Andi Annisa Ivana Putri