Glenn Menyayangkan Sikap Gegabah Tuduhan Plagiarisme

Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com –  Produser film dan musik Surat dari Praha Glenn Fredly menyayangkan tuduhan plagiarisme yang dilayangkan oleh Yusri Fajar terhadap film tersebut. Hal tersebut disampaikan Glenn pada konferensi pers di Kedai Filosofi Kopi, Melawai, Senin (1/2).

“Saya tidak kecewa, tapi saya menyayangkan sikap gegabah dari Yusri dan kuasa hukumnya yang mengeluarkan pernyataan plagiasi sepihak di televisi sebelum film itu keluar dan diketahui publik,” kata Glenn.

Yusri mengklaim adanya plagiarisme pada tema, poster, dan judul Surat dari Praha dengan buku cerpen yang ia terbitkan dengan judul yang sama pada tahun 2012. Ia juga melayangkan somasi kepada pihak Visinema Pictures selaku tim produksi film.

Menurut Glenn, Yusri memberikan opini yang sepihak tanpa konfirmasi dari pihak pembuat film.

“Klarifikasi ini harus dilakukan sebab kami tidak ingin publik digiring terhadap opini yang sepihak. Menurut kami, dari standar jurnalisme yang benar, yang dilakukan Yusri tidak benar,” tuturnya.

Pelantun lagu “Malaikat Juga Tahu” ini berharap dapat bertemu dengan Yusri dan kuasa hukumnya untuk mendiskusikan tuduhan plagiarisme tersebut. Dengan diskusi di ruang publik, bagi Glenn, permasalahan akan cepat selesai dan publik tidak menjadi bingung.

 

Penulis : Christoforus Ristianto

Editor : Alif Gusti Mahardika

Fotografer : Evelyn Leo