8th Ramadhan Jazz Festival 2018 Usung Tema “Jakarta Is Us”

Penampilan Andien dalam Ramadhan Jazz Festival 2018 pada Sabtu (26/05/18) lalu di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Mengusung tema “Jakarta Is Us”, pagelaran Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2018 dilangsungkan pada Jumat (25/05/18) hingga Sabtu (26/05/18) lalu. Acara ini dimeriahkan sejumlah musisi top Indonesia seperti Afgan, Isyana Saraswati, Rendy Pandugo, Andien, Yura Yunita, Glenn Fredly, serta banyak musisi lainnya. 

Acara yang dilaksanakan di pelataran parkir Masjid Cut Meutia ini dimulai ketika salat Tarawih usai. Gelaran RJF yang ke-8 ini dipersembahkan oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) yang bekerja sama dengan Wartajazz.com

Amira Azizah Audi selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2018 menyatakan bahwa tema pagelaran tahun ini bertujuan untuk memberikan pesan bahwa Jakarta itu milik bersama, bukan hanya satu golongan saja.

“Kita ingin memberikan pesan cinta kepada semuanya bahwa kita sebagai warga beragama harus bisa menyiarkan agama dengan sebaik-baiknya, dan juga tak lupa bahwa kita harus bisa hidup berdampingan dengan orang yang berbeda,” kata Azizah.

Di malam pertama, RJF dihadiri oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. dan Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia Syafruddin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut meramaikan malam pertama gelaran RJF ini. Selain menyampaikan apresiasi, ia juga menjelaskan kalau Pemerintah Provinsi DKI akan berkomitmen dalam memberikan dukungan terhadap Ramadhan Jazz tahun depan. 
 
Pada hari kedua, Abang None Jakarta 2018 menampilkan tarian flashmob dengan iringan lagu Ondel-Ondel. Ketua Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) Ronni Ardhianto juga mempromosikan program “Abnon To Broadway yang merupakan program beasiswa workshop bidang seni dan pertunjukan di Broadway Theatre, New York.
 
Penampilan Andien dan Glenn Fredly cukup mencuri perhatian di hari kedua. Andien secara khusus membawakan lagu Ibu Pertiwi yang membuat suasana mengharu biru. Dibawakannya lagu ini bertujuan untuk merawat persatuan dan kebangsaan.
 
Di penghujung acara, Glenn Fredly muncul sebagai bintang utama dan membuat penonton bersorak histeris. Dalam penampilannya ini, Glenn menyanyikan lagu barunya yang belum diberikan judul. 
 
Selain menghibur penonton lewat penampilan jajaran musisi yang ditampilkan, RJF kembali mengadakan Social Activity yang tahun ini berfokus pada masalah kesehatan. Social Activity ini diwujudkan dalam bentuk tiket masuk  berbentuk donasi sandang, pangan dan bahan bangunan yang akan disalurkan untuk pembangunan rumah singgah yayasan Cancer Information and Support Center (CISC). 
 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Nadine K. Azzura