Hari Tanpa Tembakau Sedunia Ajak Sehari Puasa Rokok

Setiap tanggal 31 Mei merupakan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. (Sumber foto: Merahputih.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com  Ultimates, tahukah kamu kalau setiap tanggal 31 Mei diperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia? Peringatan ini mengajak para perokok di seluruh dunia untuk berpuasa merokok selama 24 jam.

Gerakan ini bertujuan untuk mengambil perhatian dunia tentang penyebarluasan kebiasaan merokok yang sekarang ini sudah merambat ke berbagai kalangan. Selain itu, peringatan ini juga diharapkan dapat membuat para perokok tahu akan bahaya rokok dan lebih menyayangi tubuhnya lewat gerakan tidak merokok dalam sehari. 

Dari dalam negeri, Dinas Kesehatan (Dinkes) mengajak para pengunyah atau pengonsumsi tembakau, khususnya di seluruh Indonesia untuk melakukan puasa rokok selama satu hari. Karena bersifat ajakan, tidak akan ada sanksi bagi orang yang merokok pada tanggal 31 Mei ini. Setidaknya perokok sudah diingatkan tentang bahaya merokok bagi kesehatan.

Berbagai kegiatan untuk mendukung aksi ini juga diselenggarakan di seluruh dunia dengan membuat spanduk, iklan, atau bahkan parade seni untuk menggambarkan seruan mereka terhadap Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini. Peringatan ini diharapkan dapat menyadarkan pentingnya menjaga kesehatan untuk jangka panjang. 

Peringatan akan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini sendiri telah ditetapkan sejak tahun 1987 oleh negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menaruh harapan besar agar peringatan ini sekiranya dapat menyadari dan mendorong orang-orang untuk mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi tembakau dalam bentuk apapun di seluruh dunia. Tak lupa, peringatan ini membawa pesan akan bahaya penggunaan tembakau dan komplikasinya.

 

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Lifestyle.okezone.com, Tempo.co, Sumsel.tribunnews.com

Foto: Merahputih.com