Bank Sampah UMN Bawa Perubahan ke Lingkungan Rumah Lewat ADEM

ADEM Bank Sampah UMN
Unggahan pemenang utama acara ADEM yang digelar oleh Bank Sampah UMN pada Minggu (20/09/20) hingga Minggu (04/10/20). (Foto: instagram.com/banksampah_umn)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Bank Sampah UMN mengadakan acara Ada Demi Alam (ADEM) pada Minggu (20/09/20) hingga Minggu (04/10/20). Dilaksanakan secara daring melalui Instagram, ADEM mengajak mahasiswa membawa kepeduliannya terhadap lingkungan ke rumah masing-masing. 

Sekaligus merayakan Hari Habitat Sedunia yang jatuh pada Senin (05/10/20), ADEM mengajak partisipan untuk menanam dan merawat tanaman dari rumah. Aktivitas tersebut didokumentasikan dan diunggah melalui Instagram Story selama tiga hari berturut-turut yang kemudian akan dinilai oleh panitia.

Sebanyak kurang lebih 400 partisipan baik dari internal UMN maupun masyarakat umum mengikuti acara ini. Menurut Ketua Bank Sampah UMN, Godeliva Olivia, antusiasme partisipan pada acara ini melebihi antisipasi panitia. Sebagai apresiasi, panitia menambah jumlah pemenang menjadi total empat pemenang dan satu apresiasi.

“Aku ikut senang waktu lihat partisipannya niat dan antusias ngelakuin three days challenge-nya. Aku pribadi merasa di tengah pandemi ini juga, ADEM bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan hobi dan minat orang-orang yang suka bercocok tanam atau koleksi tanaman yang dibagikan lewat media sosial,” ujar Godeliva kepada Ultimagz.

Tanaman memiliki beberapa manfaat, seperti membantu penyerapan air, memperbaiki kualitas udara, dan mengurangi pemanasan global. Hal ini pun disadari oleh pemenang juara favorit kedua ADEM, Yuliana Hema. Menurutnya, acara ini mampu mendorong peserta untuk tetap produktif walau di rumah.

Pemenang favorit kedua ADEM oleh Bank Sampah UMN.
Unggahan pemenang favorit kedua acara ADEM, Yuliana Hema, yang digelar oleh Bank Sampah UMN pada Minggu (20/09/20) hingga Minggu (04/10/20). (Foto: instagram.com/banksampah_umn)

“Gue bukan pegiat lingkungan, sih, tapi pas lihat posternya menarik gitu. Apalagi di rumah gue ada taman, sayangnya enggak keurus jadi sekalian aja, deh,” ucap Yuliana kepada Ultimagz.

Tujuan dari ADEM selaras dengan tujuan organisasi bank sampah ini sendiri. Bank Sampah UMN adalah organisasi di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMN yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya, dimulai dari pengelolaan sampah.

 

Penulis: Maria Helen Oktavia

Editor: Abel Pramudya

Foto: Bank Sampah UMN